Jumat, 5 Juli 2024

Indonesia Pesan Delapan Rangkaian Kereta dari China

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. KRL Jabodetabek. Foto: Wikipedia

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengonfirmasi pemesanan delapan rangkaian kereta (trainset) tambahan dari pabrikan China, CRRC Sifang. Alasannya, untuk mengantisipasi tingginya volume pengguna KRL Jabodetabek.

Rencana tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo saat rapat dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia pada Senin (1/7/2024), lapor Antara.

Alasan penambahan impor itu dikarenakan jumlah trainset yang akan diremajakan oleh PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA berkurang dari rencana awal, sementara KAI perlu memastikan ketersediaan armada dalam mengantisipasi peningkatan volume penumpang yang diprediksi mencapai 362 juta pada tahun depan.

Dengan penambahan pesanan tersebut, total 11 rangkaian kereta akan diimpor dari China dan rencananya mulai dikirim ke Indonesia tahun depan.

KAI, melalui anak usahanya PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), sebelumnya menandatangani kerja sama dengan CRRC Sifang untuk pembelian tiga trainset pada akhir Januari 2024. KCI sebelumnya menyebut alasan pemesanan dari China mempertimbangkan harga yang kompetitif dan spesifikasi yang paling sesuai untuk kebutuhan Indonesia.(ant/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 5 Juli 2024
30o
Kurs