Kamis, 19 September 2024

Festival Ekonomi Syariah Jawa 2024 Catatkan Total Transaksi Rp4,7 Miliar

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Erwin Gunawan Hutapea Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jawa Timur saat berada dalam Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Jawa di Surabaya. Foto: BI Jatim

Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Jawa 2024 mencatatkan total transaksi penjualan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp4,7 Miliar selama penyelenggaraan 13-15 September 2024 di Masjid Al-Akbar Surabaya.

Erwin Gunawan Hutapea Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jawa Timur mengatakan, dalam gelaran FESyar tersebut, melibatkan 153 UMKM secara offline dan 140 UMKM secara online.

“Selama tiga hari penyelenggaraan FESyar Jawa, jumlah pengunjung hingga 15 September setidaknya mencapai 90.461 orang,” katanya dalam keterangan, Senin (16/9/2024).

Jumlah tersebut, kata dia, mencakup pengunjung yang hadir secara langsung di lokasi, seperti dalam seminar, talkshow, showcase UMKM, business matching and coaching, donor darah, jalan berkah, lomba, fashion show, hingga jemaah yang menghadiri pengajian Gus Iqdam dan Tabligh Akbar Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, yang jumlahnya mencapai 84.122 orang.

Selain itu, juga termasuk pengunjung yang hadir secara online melalui website resmi FESyar Jawa hingga Youtube Bank Indonesia Jatim yang mencapai lebih dari 6.339 orang.

Dalam kesempatan itu, ia juga membeberkan bahwa sepanjang tiga hari pelaksanaan FESyar Jawa, telah dilakukan 92 sesi konsultasi business matching, baik secara offline maupun online.

“Business matching ini melibatkan 27 lembaga pembiayaan, 11 perbankan syariah dan 15 lembaga Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) ), tiga e-commerce, dan 20 potential buyer di dalam dan luar negeri,” jelasnya.

Total transaksi business matching mencapai Rp23,59 miliar, dengan rincian Rp7,41 miliar business matching pembiayaan dan Rp16,18 miliar business matching penjualan.

“Kami berharap pelaksanaan FESyar Jawa dapat terus mengakselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat regional, sehingga mampu menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi nasional,” tandasnya.

Seperti diketahui, FESyar Jawa tersebut, merupakan akhir dari rangkaian Road to Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-11 yang akan diselenggarakan di Jakarta, pada tanggal 30 Oktober-3 November 2024 mendatang.(ris/kir/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
23o
Kurs