Minggu, 8 September 2024

Eri Cahyadi Sebut Koperasi dan UMKM Bantu Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Surabaya

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Eri Cahyadai Wali Kota Surabaya (enam dari kiri) dalam foto bersama dalam perayaan Hari Koperasi Nasional ke-77 pada Sabtu (20/7/2024). Foto: Kominfo Surabaya

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, kegiatan koperasi dan Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) membantu pertumbuhan ekonomi Surabaya.

Hal itu disampaikan Eri dalam gelaran Hari Koperasi Nasional ke-77 di Halaman Taman Surya, Sabtu (20/7/2024).

Dalam sambutannya, Eri Cahyadi menyampaikan bahwa koperasi adalah penggerak ekonomi terbesat di Surabaya. Sekaligus berpengaruh dalam menurunkan angka kemiskinan.

“Terbukti, pertumbuhan ekonomi Surabaya di atas rata-rata provinsi dan nasional. Karena pergerakan kita sangat masif,” terang Eri saat ditemui di sela-sela kegiatan Hari Koperasi Nasional ke-77.

Eri mengungkapkan, hingga saat ini Pemerinta Kota (Pemkot) Surabaya telah mengeluarkan lebih dari 113 ribu nomor induk berusaha (NIB).

“Koperasi dan UMKM yang telah mendapatkan NIB, mempermudah kami dalam melakukan pendataan dan inovasi untuk bekerja sama dengan stakeholder terkait dengan koperasi,” tambahnya.

Adapun dalam acara Hari Koperasi Nasional ke-77, hadir pula Arif Rahman Hakim Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, untuk menandatangani nota kesepakatan bersama atau MoU, antara Kementerian Koperasi dan UKM serta Pemkot Surabaya.

Arif berharap koperasi bisa menjadi ekosistem yang mempermudah para pelaku usaha mikro untik tumbuh dan kuat, sehingga memiliki daya saing yang tinggi.

Caranya, lanjut Arif, adalah dengan meningkatkan pengetahuan dan mengokohkan organisasi supaya bisa lebih mudah menangkap peluang dari sektor pemerintahan.

“Koperasi dan pelaku usaha juga harus melakukan inovasi. Karena untuk peningkatan usaha, dibutuhkan inovasi dari pelakunya,” kata Arif.

Untuk diketahui, MoU yang telah disepakati oleh Pemkot Surabaya dan Kemenkop UKM berisi tentang komiten dalam pengembangan koperasi dan ekonomi mikro kecil, untuk menghasilkan sinergi.

“Salah satu contoh, kalau ada kegiatan di tempat lain, UMKM Surabaya yang sudah dikurasi, bisa ikut mengisi di acara tersebut. Dan kegiatan koperasi ini sebagai salah satu cara kita untuk mencegah inflasi juga untuk peningkatan ekonomi. Itulah MoU yang kami sepakati bersama,” jelas Eri.

Sementara itu, pada Hari Koperasi Nasional ke-77 ini, Eri Cahyadi berharap agar UMKM bisa beradaptasi di era digital dan gotong royong unutk menggerakkan ekonomi di Surabaya. (kir/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs