Senin, 14 Oktober 2024

BEI Catat Single Investor Identification di Indonesia Tembus Angka 14 Juta

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Layar menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta pada Rabu (26/4/2023). Foto: Antara

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengabarkan pencapaian terbaru, yakni jumlah investor pasar modal di Indonesia telah melampaui 14 juta Single Investor Identification (SID), tepatnya pada 3 Oktober 2024 yang lalu.

Iman Rachman Direktur Utama BEI mengatakan, jumlah total 14.001.651 SID itu, tumbuh 1.833.590 SID baru dari jumlah akhir tahun lalu yang sebesar 12.168.061 SID.

“Pasar modal Indonesia yang maju dan stabil akan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Walau demikian, hal tersebut tetap harus disertai dengan kolaborasi yang baik antara pemerintah, sektor bisnis, dan masyarakat,” kata Iman dalam keterangannya, Senin (14/10/2024).

Pencapaian itu, kata dia, berhasil diraih hasil sinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Self-Regulatory Organizations(SRO), dan para pemangku kepentingan lainnya, serta didukung oleh strategi edukasi digital yang efektif untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

Ia mengatakan, industri pasar modal memiliki peran yang sangat penting untuk mendorong pertumbuhan perekonomian negara.

Ia berharap, pertumbuhan investor yang disertai peningkatan literasi keuangan masyarakat, bisa memperkuat daya tahan pasar modal Indonesia dalam menghadapi dinamika global, termasuk aliran dana investor asing.

Sementara itu, Jeffery Hendrik Direktur Pengembangan BEI mengatakan, bahwa sebenarnya jumlah investor pasar modal saat ini sebenarnya masih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.

Meski begitu, ia mengatakan bahwa dengan semakin berkembangnya teknologi digital saat ini, semakin banyak pula perusahaan sekuritas yang menyediakan wadah investor untuk bertransaksi saham.

“Sebagai bagian dari upaya meningkatkan literasi keuangan, BEI terus mengembangkan infrastruktur digitalnya,” ucapnya.

Seperti diketahui, IDX Mobile saat ini sudah memiliki 193.968 pengguna dan menjadi salah satu pilar edukasi digital untuk masyarakat dalam mendapatkan informasi pasar modal.

Sejak awal tahun ini hingga akhir September 2024, BEI juga telah mengadakan 19.779 kegiatan edukasi yang menjangkau lebih dari 24 juta peserta. Kegiatan tersebut, termasuk Sekolah Pasar Modal (SPM), program Duta Pasar Modal (DPM) dan berbagai webinar yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang investasi.(ris/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 14 Oktober 2024
34o
Kurs