Minggu, 8 September 2024

Evergreen Indonesia Pasuruan Bangun Pabrik Pakan Senilai Rp350 Miliar di PIER

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Di tengah ancaman Virus Covid-19 Varian Omicron, investasi justru masuk ke Jatim. PT Indonesia Evergreen Pasuruan asal China membangun pabrik pakan dan probiotik di Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER).

Nilai investasi pembangunan pabrik itu mencapai Rp350 miliar dengan proyeksi mampu memproduksi pakan ikan mencapai 200 ribu ton per tahun dan diklaim akan menyerap banyak tenaga kerja.

Penandatanganan Perjanjian Penggunaan Tanah Industri (PPTI) antara PT Indonesia Evergreen Pasuruan dengan PT SIER, berlangsung di Wisma SIER, Rungkut Industri, Surabaya, Rabu (22/12/2021).

Fattah Hidayat Direktur Utama PT SIER sangat gembira dengan penandatanganan PPTI. Ke depan, Fattah berharap tidak hanya kerja sama penjualan lahan untuk industri, tapi juga peluang bisnis lainnya.

“Penandatanganan kerja sama ini tentu dinanti banyak pihak, utamanya Pasuruan dan Jawa Timur. Karena investasi ini akan membuka lapangan kerja dan akan meningkatkan ekonomi,” ujarnya.

Setelah penandatanganan kerja sama itu, Tina Maria Direktur Utama PT Indonesia Evergreen Pasuruan mengatakan, dia sangat bersyukur perusahaannya bisa berinvesasi di Jawa Timur.

Dia paparkan, investasi pabrik ini adalah yang kedua kalinya setelah di Lampung. Meski direncakan berkapasitas produksi 200 ribu ton per tahun, pembangunan itu akan dilakukan bertahap.

“Untuk tahap pertama, akan kami bangun kapasitas 100 ribu ton dulu. Tahap kedua kami bangun 100 ribu ton lagi. Seperti itu. Nilai investasi kali ini dua kali lipat dari di Lampung kemarin,” ujar Tina.

Kepada Direksi PT SIER dia ucapkan terima kasih karena sudah menerima perusahaan investor asing tempat dia bekerja, secara baik. Perusahaannya sudah mengkaji, berinvestasi di PT PIER sudah sangat tepat.

“Keputusan berinvestasi di PIER ini kami ambil setelah berbagai kajian bisnis dan survey lapangan. Tempatnya strategis, lokasi dan infrastuktur industrinya siap, termasuk energi dan airnya,” katanya.

Tina juga berharap, kerja sama ini terus berjalan harmonis, bisa terus berjalan bersama dan berkembang bersama untuk memajukan Jawa Timur.

“Kerja sama ini sangat penting. Karena kami dapat lebih mengembangkan lagi pangsa pasar di Indonesia Timur, khususnya pakan ikan dan ternak. Semoga kerja sama terus harmonis,” ujarnya.

Penandatanganan perjanjian kerja sama investasi itu turut disaksikan Ramdhanu Dwiyantoro Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Pasuruan juga Didik Prasetiyono Direktur Operasi PT SIER.

“Kami selaku jaksa pengacara negara dari PT SIER, juga jaksa pengacara dari Pemkab Pasuruan, sangat mendukung kerja sama ini sesuai perintah Kejaksaan Agung Republik Indonesia. Yakni untuk mengamankan investasi dalam rangka pemulihan ekonomi nasional,” ujar Ramdhanu Kajari Pasuruan.

Fungsi Kejari Pasuruan, kata Ramdhanu, untuk mengamankan proses investasi meliputi pengamanan aturan, pengamanan terirotial di wilayah Pasuruan, termasuk meninjau hal-hal seperti legal drafting.

“Saya lihat perjanjian kerja sama ini sangat menguntungkan bagi Pasuruan. Efeknya sangat berarti bagi Pasuruan ke depan. Semoga berjalan harmonis antara PT SIER, Pemkab Pasuruan, dengan PT Indonesia Evergreen Pasuruan,” ujarnya.(den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs