Senin, 8 Juli 2024

Jajaki Kerja Sama Industri, Wagub: Jatim dan Slowakia Punya Kemiripan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur bersama Jaroslav Chlebo Duta Besar Slowakia di Gedung Negara Grahadi, Selasa (30/7/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Pemprov Jatim jajaki kerja sama dengan Slowakia di bidang industri 4.0. Jaroslav Chlebo Duta Besar Slowakia untuk Indonesia membuka peluang itu dengan berkunjung ke Gedung Negara Grahadi, Selasa (30/7/2019).

Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur menyambut hangat Dubes Slowakia yang berkunjung bersama istrinya ke Jawa Timur. Dalam pertemuan itu, Emil mengatakan, Jatim dan Slowakia memiliki kemiripan sebagai kawasan sentra industri.

“Kalau Jatim salah satu sentra industri di Indonesia, maka Slowakia menjadi sentra industri di kawasan Eropa,” ujarnya.

Kedua perwakilan pemerintah membincangkan tentang kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam revolusi industri 4.0.

Persoalan upah tenaga kerja juga menjadi bahan pembicaraan di pertemuan itu. Kedua pemerintah bersepakat kesejahteraan buruh harus diupayakan, sekaligus membangun daya saing usaha yang kompetitif.

“Hal-hal inilah yang diharapkan bisa bersama-sama melakukan tukar pikiran untuk mencari solusinya,” jelas Emil.

Dimulai dengan pertemuan itu, Emil berharap kerja sama antara Slowakia dan Jatim terus berkembang. Membangun persahabatan dengan Slowakia menurutnya akan menjadi pintu masuk Jatim ke Eropa.

“Kerja sama ini perlu dibangun secara bertahap. Karen kerja sama dengan Slowakia bisa menjadi jalan untuk kerjasama ke negara-negara lain,” kata Emil.

Selain di bidang perindustrian, Slowakia sedang mengembangkan Teknologi Informasi (TI). Terutama di bidang Computer Engineering. Emil mengatakan, dia akan mengkomunikasikan pertemuan lanjutan dengan Dubes Slowakia.

Jaroslav Chlebo Dubes Slowakia memberikan sinyal positif tentang kerja sama di berbagai aspek dengan Provinsi Jawa Timur. “Dimulai dari persahabatan, akan terjalin kerja sama yang lain,” katanya.

Sebelumnya, Cheblo sempat mengikuti Ponorogo International Mask and Folklore Festival 2019 (PIMF Fest). Pertemuan dirinya dengan Emil merupakan yang pertama bagi mereka.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Senin, 8 Juli 2024
26o
Kurs