Rabu, 23 Oktober 2024

Turis Asal Surabaya ke Singapura Meningkat pada Empat Bulan Pertama 2018

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Mohamad Firhan Abdul Salam, Direktur Area Singapore Tourism Board (STB) di Indonesia (kanan) di sela-sela buka puasa bersama di JW Marriott Surabaya, Rabu (6/6/2018). Foto: Denza suarasurabaya.net

Turis asal Surabaya yang berlibur ke Singapura mengalami peningkatan mencapai 7 persen pada empat bulan pertama 2018 bila dibandingkan periode yang sama pada 2017 lalu.

Mohamad Firhan Abdul Salam, Direktur Area Singapore Tourism Board (STB) di Indonesia mengatakan, pencapaian ini sangat menggembirakan mereka. Dia menilai, peningkatan jumlah turis asal Surabaya ini hasil dari upaya yang mereka lakukan akhir 2017 lalu.

“Kami membuka kantor STB di Surabaya Oktober 2017 lalu. Mungkin inilah hasil dari kerja sama yang kami lakukan dengan maskapai penerbangan, dengan agen perjalanan di Surabaya,” katanya di Hotel JW Marriott, Rabu (6/6/2018).

Secara resmi, STB telah memiliki dua kantor di Indonesia. Satu di Surabaya, satu di Jakarta, yang dioptimalkan untuk mempromosikan destinasi wisata Singapura kepada masyarakat Indonesia.

Secara umum, kata Firhan, jumlah turis asal Indonesia yang berkunjung ke Singapura pada empat bulan pertama 2018 juga mengalami peningkatan sebanyak 2 persen.

“Indonesia menjadi sumber penting bagi kami. Sampai akhir 2017 lalu, jumlah turis Indonesia yang datang ke Singapura tercatat sebanyak 2,9 juta orang, nomor dua setelah China,” ujarnya kepada suarasurabaya.net.

Secara umum, destinasi wisata Singapura yang banyak dikunjungi oleh wisatawan Indonesia maupun turis dari Surabaya adalah destinasi wisata belanja seperti di Orchard Road, maupun ke Universal Studio di Jalan Sentosa.

“Ya, kebanyakan turis Indonesia masih menjadikan Singapura sebagai wisata belanja dan ke Universal Studio. Karena itu di momen Ramadan ini kami kenalkan destinasi lain,” katanya.

Dalam momen Ramadhan menjelang Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah ini, STB menggelar buka puasa bersama dengan mitra industri pariwisatanya di Surabaya sembari mengenalkan destinasi baru di Singapura.

Firhan mengatakan, pada acara yang digelar di JW Marriott Surabaya itu, STB memberi highlight pada atraksi wisata baru di Kebun Binatang Singapura.

Rainforest Lumina, sebuah program baru jalan-jalan di kebun binatang Singapura pada malam hari dia kenalkan kepada mitra wisata STB di Surabaya.

“Program ini disertai dengan teknologi multimedia canggih yang memungkinkan pengunjung menyusuri alam di Kebun Binatang Singapura yang penuh cahaya,” katanya.

STB mengajak para mitra wisata mengenalkan program baru yang mengajak pengunjung berjalan sejauh satu kilometer menyusuri hutan tropis di Kebun Binatang Singapura.

Sayangnya, pada momen Ramadan ini STB tidak menyediakan promo maupun diskon perjalanan ke destinasi-destinasi wisata di Singapura.

“Promo dan diskon biasanya kami adakan di akhir tahun dalam even-even travel fair di Surabaya,” katanya. (den/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 23 Oktober 2024
26o
Kurs