Selasa, 29 Oktober 2024

Kadin Jatim Ajak Tingkatkan SDM untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Adik Dwi Putranto Ketua Kadin Jatim saat diwawancara awak media, di sela-sela gelaran Kadin Jatim Bisnis Forum 2024, Minggu (27/10/2024). Foto: Akira suarasurabaya.net

Adik Dwi Putranto Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur (Jatim) mengajak seluruh Kadin kabupaten/kota meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guna menyongsong Indonesia Emas 2045.

Hal itu disampaikan Adik dalam gelaran Kadin Jatim Bisnis Forum yang digelar pada Minggu (27/10/2024) malam di Surabaya.

Menurut Adik, sebagai mitra strategis pemerintah menuju Indonesia emas 2045, Kadin memiliki peran penting, baik di tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota, yang disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing daerah.

“Kadin harus punya peran yang berkelanjutan. Salah satunya peningkatan SDM. Apalagi Indonesia bakal menghadapi bonus demografi mulai tahun 2030,” kata Adik dalam keterangan resminya, Senin (28/10/2024).

Untuk menghadapi bonus demografi, lanjut Adik, Kadin harus bergabung dengan Tim Koordinasi Daerah Vokasi (TKDV) sebagai perpanjangan program Tim Koordinasi Nasional Vokasi (TKNV) yang sebelumnya telah dibentuk pemerintah pusat bersama Kemenko PMK.

“Di Jatim sebenarnya telah ada TKDV. Ini menurut saya paling bagus karena yang dibangun adalah kolaborasi semua stakeholder, mulai dari dunia usaha, dunia pendidikan dan pemerintah terkait,” terangnya.

Untuk diketahui, TKDV Jatim merupakan kepanjangan tangan TKNV untuk melakukan percepatan pelaksanaan Perpres 68/2022 di seluruh daerah di Jawa Timur. Saat ini ada sekitar 8 Kadin kabupaten kota yang telah membentuk TKDV.

“Target kami tahun 2025 harus tuntas, TKDV harus terbentuk di semua Kadin Kabupaten Kota. Karena untuk menyongsong Indonesia emas, Tim ini sangat diperlukan,” tandasnya. (kir/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 29 Oktober 2024
28o
Kurs