Senin, 28 Oktober 2024

Vinicius Difavoritkan Raih Ballon d’Or Setelah Messi dan Ronaldo Tak Lagi Masuk Nominasi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Vinicius Junior mencetak tiga gol saat Real Madrid menghancurkan Borussia Dortmund dengan skor 5-2 di pekan ketiga Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu pada 22 Oktober 2024. Foto: Getty Images

Upacara penghargaan Ballon d’Or akan berlangsung di Paris, Senin (28/10/2024) hari ini, dengan Vinicius Junior penyerang Real Madrid difavoritkan menjadi pemenang kategori putra dan putri.

Tahun ini bakal menandai pertama kalinya sejak 2003, dimana Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tidak menjadi kandidat terkuat, setelah keduanya berbagi 13 gelar Ballon d’Or dalam dua dekade terakhir.

Vinicius, yang mengenakan nomor punggung tujuh yang dulu dipakai Cristiano Ronaldo di Real Madrid, diunggulkan untuk menggantikan Messi sebagai pemenang Ballon d’Or kategori putra. Penampilan apiknya, membantu Real Madrid meraih gelar Liga Spanyol dan Liga Champions musim lalu.

“Vinicius akan memenangkan (Ballon d’Or),” ujar Carlo Ancelotti pelatih Real Madrid, usai pemain asal Brasil itu mencetak trigol dalam laga Liga Champions melawan Borussia Dortmund.

“Dan itu bukan hanya karena tiga golnya, tetapi juga karakternya. Dia luar biasa,” tambah Don Carlo sapaan akrabnya.

Pemain berusia 24 tahun ini menunjukkan kualitasnya saat membantu Real Madrid mengalahkan Dortmund, meskipun pada laga El Clasico melawan Barcelona pada Sabtu (26/10/2024), ia kurang memberi dampak. Namun, enam golnya musim lalu sangat krusial bagi Real dalam perjalanan meraih gelar Liga Champions ke-15.

Vinicius juga menjadi simbol perlawanan terhadap rasisme, setelah beberapa kali mengalami pelecehan rasial sejak pindah ke Spanyol pada 2018. Ia mendapat dukungan luas pada Mei 2023 setelah insiden pelecehan rasial di Stadion Mestalla.

Selain Vinicius, pemain-pemain lain yang masuk daftar kandidat Ballon d’Or kategori putra adalah Jude Bellingham, Rodri, Erling Haaland, Harry Kane, dan Kylian Mbappe. Dani Carvajal bek Real Madrid, juga termasuk kandidat setelah memenangkan tiga trofi besar musim lalu.

Di kategori putri, Aitana Bonmati gelandang Barcelona dan timnas Spanyol, menjadi favorit untuk mempertahankan gelar yang ia raih tahun lalu. Ia kembali bersinar dengan membawa Barcelona meraih empat gelar musim lalu, termasuk Liga Champions.

Dua pemain Barcelona lainnya, Caroline Graham Hansen dan Salma Paralluelo, juga menjadi pesaing utama Bonmati untuk Ballon d’Or putri. Para pemenang Ballon d’Or akan diumumkan dalam upacara di Paris, dipilih berdasarkan suara dari jurnalis sepak bola internasional. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 28 Oktober 2024
37o
Kurs