Senin, 28 Oktober 2024

Ketua Komisi II DPR Sebut Basuki Hadimuljono Ditunjuk Jadi Kepala Otorita IKN

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Foto: Antara Basuki Hadimuljono mantan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Foto: Antara

Rifqinizami Karsayuda Ketua Komisi II DPR RI mengaku telah mendengar bahwa Prabowo Subianto Presiden sudah mengirim Surat Presiden (Surpres) kepada Pimpinan DPR RI untuk menunjuk Basuki Hadimuljono menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Menurutnya, hal ini merupakan kabar baik karena Basuki merupakan orang yang ahli dalam bidang infrastruktur di Indonesia. Ia pun berharap eks Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu bisa mempercepat pembangunan IKN.

“Dalam konteks budgeting, kami berharap Otorita IKN yg merupakan mitra kerja Komisi II DPR RI diberikan kewenangan bukan hanya terkait dengan pengelolaan IKN, tetapi juga dalam konteks pembangunan dan penataan infrastruktur,” kata Rifki dilansir dari Antara pada Minggu (27/10/2024).

Ia pun mengatakan Komisi II DPR RI menyambut baik sikap dan pernyataan Prabowo Subianto Presiden yang memiliki target penyelesaian infrastruktur dan pembangunan ekosistem kawasan IKN selesai dalam empat tahun ke depan, atau satu tahun sebelum pemerintahan periode 2024-2029 berakhir.

“Karena itu, kami akan bekerja dengan sungguh-sungguh melalui tiga fungsi konstitusional yang kami memiliki, fungsi budgeting, fungsi legislasi, dan fungsi pengawasan,” katanya.

Dalam waktu dekat, menurutnya, Pimpinan Komisi II DPR RI segera meninjau kondisi lapangan terkait persiapan dan perkembangan pembangunan kawasan IKN.

Peninjauan itu juga bakal dilakukan terhadap penataan kawasan yang didanai oleh non-APBN atau melalui investasi.

Sebelumnya, Prabowo dengan tegas dalam retret bersama Kabinet Merah Putih (KMP) menyampaikan komitmen menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam waktu empat tahun. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 28 Oktober 2024
27o
Kurs