Minggu, 27 Oktober 2024

Iran Tuduh AS Terlibat dalam Serangan Israel ke Pangkalan Militer di Teheran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Abbas Araqchi Menteri Luar Negeri Iran ketika menghadiri jumpa pers di Teheran pada 7 Juli 2019. Foto: AP

Abbas Araqchi Menteri Luar Negeri Iran menuduh Amerika Serikat terlibat dalam serangan udara Israel ke sejumlah pangkalan militer Iran yang terjadi pada Sabtu (26/10/2024).

Dalam wawancara dengan sebuah stasiun televisi, Abbas Araqchi menyatakan, “Amerika Serikat jelas terlibat dalam serangan itu.”

Dilansir dari Antara pada Minggu (27/10/2024), Abbas Araqchi menambahkan bahwa AS telah menyediakan koridor udara untuk angkatan udara Israel dan alutsista yang dikirim ke negara tersebut merupakan bentuk keterlibatan dalam operasi tersebut.

Abbas Araqchi juga menyoroti tingginya kecaman internasional terhadap serangan Israel, mengungkapkan, “Tingkat kecaman global terhadap tindakan agresif rezim Zionis sudah sangat tinggi.”

Menurut otoritas Israel, serangan rudal ke Iran berlangsung selama empat jam pada Sabtu pagi waktu setempat. Namun, Iran mengklaim bahwa mereka berhasil mencegah serangan Israel di beberapa titik di Teheran dan lokasi lainnya.

Meskipun demikian, militer Iran melaporkan bahwa serangan tersebut mengakibatkan kematian empat tentaranya.

Serangan Israel ini merupakan balasan atas serangan Iran ke fasilitas militer Israel pada 1 Oktober lalu, di mana lebih dari 180 rudal ditembakkan.

Iran mengklaim serangan itu sebagai respons terhadap pembunuhan pemimpin kelompok perjuangan Palestina, Hamas, dan Hizbullah. Iran juga telah memperingatkan Israel bahwa serangan apapun di masa depan akan dibalas dengan lebih keras. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Minggu, 27 Oktober 2024
29o
Kurs