Minggu, 27 Oktober 2024

Kronologi Kebakaran Pabrik Kayu di Segoromadu Gresik, Diduga karena Korsleting Listrik

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Pabrik kayu milik PT. Kayu Multiguna Indonesia (KMGI) yang berlokasi di Segoromadu, Kebomas, Gresik ludes terbakar pada Sabtu (26/10/2024). Foto: Damkarla Gresik

Suyono Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Kabupaten Gresik menjabarkan kronologi kebakaran pabrik kayu milik PT. Kayu Multiguna Indonesia (KMGI).

Pabrik yang berlokasi di Segoromadu, Kebomas, Gresik tersebut ludes terbakar pada Sabtu (26/10/2024) malam.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, kebakaran ini dilaporkan pada Sabtu malam sekira pukul 21.29 WIB. Tak lama berselang, petugas sudah tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman.

“Awal mula kebakaran ini ketika karyawan yang berkerja pada malam hari, sekitar pukul 21.00 WIB, melihat korsleting saluran kabel dari panel. Hal ini menimbulkan percikan api mengenai tumpukan kayu yg sudah jadi,” jelas Suyono.

“Selang beberapa waktu, karyawan berusaha menangani dengan alat seadanya. Hanya saja tidak berhasil memadamkan api. Setelah itu, api makin membesar,” imbuhnya.

Suyono memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran ini. Sedangkan untuk total kerugian, sedang ditaksir oleh pihak pabrik.

Suyono menambahkan bahwa empat unit PMK dari Damkarla Gresik diterjunkan untuk menjinakkan api. Juga dua unit suplai dari BPBD Gresik.

Tidak hanya itu, lima unit damkar dari sejumlah perusahaan di sekitar Gresik dan Surabaya turut membantu memadamkan api.

Selain itu, ada enam unit dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya juga diterjunkan untuk menjinakkan si jago merah. (saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Minggu, 27 Oktober 2024
31o
Kurs