Minggu, 27 Oktober 2024

Gelar Kerja Bakti, Warga Petemon Kuburan Bersihkan Sedimen dan Perantingan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Petugas DLH waktu mengangku sampah hasil kerja bakti warga Petemon Kuburan RT 04 RW 02, Minggu (27/10/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Warga Petemon Kuburan RT 04 RW 02 Kelurahan Sawahan, Kecamatan Sahawan bahu membahu membersihkan saluran air dan perantingan pohon pada Minggu (27/10/2024) pagi.

Untung Sumartono Ketua RT 04 RW 02 Petemon Kuburan mengatakan, pembersihan saluran air dan perantingan ini supaya lingkungan kampung lebih bersih dan sehat.

“Alhamdulillah kerja bakti berjalan lancar, hari ini kami membersihkan selokan dan perantingan pohon,” katanya ditemui suarasurabaya.net usai kerja bakti.

Warga Petemon Kuburan RT 04 RW 02 membersihkan sampah di kampungnya, Minggu (27/10/2024). Foto: Dok. Warga

Pembersihan saluran air ini dinilai penting oleh warga Petemon Kuburan. Selain untuk kebersihan juga untuk mencegah kembang biak jentik nyamuk dan banjir saat musim hujan tiba.

“Kalau sudah dibersihkan gini jentik-jentik nyamuk itu hilang semua, sampah plastik juga bersih,” ucapnya

Untung menyebut, program kerja bakti dalam rangka Surabaya Bergerak Jilid II ini sangat membantu untuk pengangkutan hasil sampah kerja bakti. Terutama sampah-sampah perantingan.

Salah satu lansia warga Petemon Kuburan RT 04 RW 02 ikut kerja bakti di kampungnya, Minggu (27/10/2024). Foto: Dok. Warga

Lewat program Surabaya Bergerak Jilid II, setiap kampung akan terdaftar jadwal kerja baktinya. Nantinya, truk-truk dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya akan menghampiri setiap kampung untuk mengangkut hasil kerja bakti.

“Sampah hasil kerja bakti terutama perantingan pohon langsung diangkut jam 09.00 tadi setelah kerja bakti,” tuturnya.

Untung mengatakan, manfaat adanya kerja bakti ini tidak hanya untuk membersihkn lingkungan. Namun juga untuk menjaga kekompakan dan kerukunan warga. Kata dia, ciri khas warga Petemon Kuburan RT 04 memang suka resik-resik.

Warga Petemon Kuburan RT 04 RW 02 membersihkan saluran di kampungnya, Minggu (27/10/2024). Foto: Dok. Warga

“Biasanya warga Petemon Kuburan RT 04 ini kerja bakti setiap dua minggu sekali. Biasanya yang ikut mulai dari anak muda sampai lansia juga ikut,” jelasnya.

Untuk diketahui, program Surabaya Bergerak Jilid 2 yang diinisiasi Suara Surabaya Media berkolaborasi dengan Pemkot Surabaya, resmi diluncurkan pada Kamis (24/10/2024) pagi lalu.

Restu Novi Widiani Pjs Wali Kota Surabaya berharap, hadirnya program ini kembali membangkitkan semangat gotong-royong yang menjadi budaya warga Surabaya. Terutama menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi basah, salah satunya banjir.(wld/nis/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Minggu, 27 Oktober 2024
Kurs