Minggu, 27 Oktober 2024

Warga Simo Gunung Barat Cegah Banjir dengan Ikut Kerja Bakti Surabaya Bergerak Jilid 2

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Warga RT 8 RW 7 Simo Gunung Barat 1, Kelurahan Simomulyo, Kecamatan Sukomanunggal sedang membersihkan selokan. Foto: Nisa Mg suarasurabaya.net

Warga Simo Gunung Barat Gang 1, Kelurahan Simomulyo, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya mengadakan kerja bakti dalam rangka Surabaya Bergerak Jilid 2, pada Minggu (27/10/2024).

Nugroho Ketua RT 8 RW 7 Simo Gunung Barat 1 mengatakan bahwa kerja bakti ini diadakan untuk mengantisipasi banjir ketika musim hujan.

“Untuk kerja bakti kali ini difokuskan ke genangan, pemisahan got (selokan), dan perantingan pohon,” ucapnya di sela-sela kerja bakti kepada suarasurabaya.net.

Warga RT 8 RW 7 Simo Gunung Barat 1, Kelurahan Simomulyo, Kecamatan Sukomanunggal membuang sampah hasil kerja bakti ke titik penjemputan sampah. Foto: Nisa Mg suarasurabaya.net

Nugroho menjelaskan bahwa ia dan warga RT 8 RW 7 Simo Gunung Barat 1 melakukan pendaftaran Surabaya Bergerak Jilid 2 karena inisiatif mereka sendiri kepada lingkungan, dengan memanfaatkan fasilitas Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

“Kami sendiri dari RT yang berinisiatif mendaftar Surabaya Bergerak Jilid 2 karena itu sudah program dari Pemkot Surabaya untuk mendukung masyarakat yang ada di Surabaya,” jelasnya.

Warga RT 8 RW 7 Simo Gunung Barat 1, Kelurahan Simomulyo, Kecamatan Sukomanunggal sedang membersihkan selokan. Foto: Nisa Mg suarasurabaya.net

Dia juga menjelaskan bahwa dalam satu tahun, warga Simo Gunung Barat 1 umumnya melakukan kerja bakti sebanyak 3 sampai 4 kali.

Menurutnya, adanya kerja bakti dapat menumbuhkan rasa kesadaran untuk kebersihan lingkungan, kesehatan, serta sebagai ajang silaturahmi.

Warga RT 8 RW 7 Simo Gunung Barat 1, Kelurahan Simomulyo, Kecamatan Sukomanunggal sedang melakukan perantingan pohon. Foto: Nisa Mg suarasurabaya.net

Lebih lanjut untuk pengangkutan sampah hasil dari kerja bakti, ia menyebut telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, sehingga bisa langsung ditangani oleh pihak yang bertugas. Hal tersebut diakuinya bersama warga sangat membantu.

“Dengan dukungan dan fasilitas pemkot ini, kita sebagai masyarakat juga terbantu karena sampahnya biasanya kan cukup banyak, kita kesulitan juga kalau harus mencari tempat pembuangan sampah-sampah itu,” tuturnya.

Warga RT 8 RW 7 Simo Gunung Barat 1, Kelurahan Simomulyo, Kecamatan Sukomanunggal sedang menyapu halaman. Foto: Nisa Mg suarasurabaya.net

Nugroho berharap, kerja bakti serentak seluruh Surabaya ini tidak hanya dilakukan minggu ini saja, melainkan dapat terus digencarkan secara konsisten di minggu-minggu berikutnya.

“Harapannya ke depan, kami mau Surabaya Bergerak tetap dilaksanakan untuk seterusnya karena dengan adanya program ini masyarakat jadi sadar akan lingkungan sekitar,” pungkasnya.

Sebagai informasi, program Surabaya Bergerak Jilid 2 yang diinisiasi Suara Surabaya Media berkolaborasi dengan Pemkot Surabaya, resmi diluncurkan pada Kamis (24/10/2024) pagi lalu.

Restu Novi Widiani Pjs Wali Kota Surabaya berharap, hadirnya program ini kembali membangkitkan semangat gotong-royong yang menjadi budaya warga Surabaya. Terutama menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi basah, salah satunya banjir. (nis/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Minggu, 27 Oktober 2024
38o
Kurs