Sabtu, 26 Oktober 2024

2000 Ton Bantuan Kemanusiaan dari UAE Tiba di Pelabuhan Beirut

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Menjelang serangan udara terbaru, tentara Israel memerintahkan evakuasi segera terhadap warga di empat gedung di tiga lingkungan di pinggiran selatan Beirut, Selasa (22/10/2024). Foto: Antara

Sebuah kapal Uni Emirat Arab (UAE) yang membawa 2.000 ton bantuan darurat kemanusiaan tiba di Pelabuhan Beirut untuk mendukung rakyat Lebanon yang menghadapi serangan hebat dari Israel.

Menurut kantor berita milik pemerintah UAE, WAM, kapal ini merupakan bagian dari kampanye bantuan UAE untuk rakyat Lebanon yang diluncurkan pada awal Oktober atas arahan Sheikh Mohamed bin Zayed Al-Nahyan, pemimpin negara tersebut.

“Bantuan terbaru ini menunjukkan solidaritas UAE dengan rakyat Lebanon di tengah kondisi sulit saat ini,” ungkap Sultan Al-Shamsi, asisten menteri luar negeri UAE, seperti dikutip oleh WAM melalui Antara, Sabtu (26/10/2024).

Ia menjelaskan bahwa kapal tersebut membawa 1.000 ton pasokan makanan dan 1.000 ton perlengkapan bantuan dan tempat penampungan, menambahkan bahwa total bantuan yang telah dikirimkan sejauh ini mencapai 2.610 ton.

Israel melancarkan kampanye serangan udara besar-besaran di Lebanon bulan lalu dengan target yang diklaim sebagai sasaran Hizbullah, sebagai bagian dari eskalasi konflik lintas perbatasan antara Israel dan kelompok tersebut sejak serangan brutal Israel di Gaza.

Lebih dari 2.600 orang telah tewas dan lebih dari 12.200 lainnya terluka dalam serangan Israel sejak Oktober tahun lalu, menurut otoritas kesehatan Lebanon.

Israel memperluas konflik pada 1 Oktober tahun ini dengan melancarkan serangan darat ke Lebanon selatan. (ant/nis/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Sabtu, 26 Oktober 2024
36o
Kurs