Sabtu, 26 Oktober 2024

Lucas Ungkap Mental Bisa Bantu Timnas Indonesia U-17 Kalahkan Australia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Lucas Lee gelandang tim nasional Indonesia U-17 menggiring bola pada laga Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 kontra Kepulauan Mariana Utara di Kuwait, Jumat (25/10/2024). Foto: Antara

Lucas Lee gelandang tim nasional Indonesia U-17 mengatakan mental bertanding yang kokoh bisa membantu skuadnya mengalahkan Australia pada laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 di Kuwait, Minggu (27/10/2024).

“Saya pikir, mental bertanding dapat membantu kami mencapai kemenangan,” ujar Lucas, di laman PSSI seperti dikutip Antara, Sabtu (26/10/2024).

Oleh karena itu, pesepak bola berusia 16 tahun tersebut memastikan ia dan rekan-rekannya mempersiapkan mental menjelang laga meski hanya memiliki satu hari untuk beristirahat pasca melawan Kepulauan Mariana Utara, Jumat (25/10/2024).

Menurut Lucas, salah satu hal yang dapat memperkuat mental bertanding adalah kekompakan antarpemain.

Pemain kelahiran Amerika Serikat itu pun berharap skuadnya tetap kompak dan memperdalam ikatan batin (chemistry) mereka.

“Kami harus berjuang bersama-sama,” tutur Lucas.

Selain itu, dia juga menilai skuadnya mesti mengasah penyelesaian akhir. Pada partai kontra Kepulauan Mariana Utara, di mana timnas Indonesia U-17 menang dengan skor 10-0, Lucas menyebut timnya sejatinya dapat mencetak gol lebih banyak.

Akan tetapi, hal itu tidak dapat dilakukan karena kurang maksimalnya eksekusi di tengah pertahanan rapat lawan.

Padahal, ketika itu Indonesia mengincar kemenangan dengan skor melebihi keunggulan Australia atas Kepulauan Mariana Utara yakni 19-0 untuk mengambil alih puncak klasemen.

“Setelah unggul tujuh gol pada babak pertama, saya mengira kami dapat memotong jarak pada paruh kedua. Namun, ternyata tidak terjadi seperti itu. Lawan menumpuk pemain di belakang dan kami memiliki banyak peluang yang terbuang,” ungkapnya.

Timnas Indonesia U-17 harus menundukkan Australia di laga terakhir untuk menjadi pemimpin klasemen Grup G dan lolos langsung ke Piala Asia U-17 2025.

Indonesia kini berada di peringkat kedua grup dengan enam poin dari dua pertandingan dan memiliki selisih gol +11.

Sementara Australia ada di puncak klasemen, juga mengoleksi enam poin dari dua laga, tetapi unggul selisih gol (+21). Pada laga Jumat (25/10/2024) malam waktu setempat, Australia mengalahkan tuan rumah Kuwait dengan skor 3-1.

Andai gagal menundukkan Australia, Indonesia diharapkan meraih hasil imbang supaya masuk sebagai salah satu dari lima peringkat kedua terbaik yang dapat melaju ke Piala Asia U-17 2025. Sesuai regulasi kualifikasi, peringkat kedua terbaik ditentukan dari hasil laga melawan tim posisi pertama dan ketiga grup. (ant/nis/bil/ipg)

Berita Terkait

TERKINI POPULER TERPILIH
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Sabtu, 26 Oktober 2024
36o
Kurs