Sabtu, 26 Oktober 2024

Permudah Belajar Jarak Jauh, Universitas Terbuka Surabaya Luncurkan Sentral Layanan di Daerah-Daerah

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Rapat koordinasi dan pelatihan pengurus Sentral Layanan Universitas Terbuka (Salut) Universitas Terbuka (UT) Surabaya di Kantor UT Surabaya, pada Jumat (25/10/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Universitas Terbuka (UT) Surabaya meluncurkan Sentral Layanan Universitas Terbuka (Salut) sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa, dan memperluas jangkauan pendidikan di wilayah Jawa Timur (Jatim).

Suparti Direktur UT mengatakan, layanan tersebut dibuat untuk menggantikan sistem Kelompok Belajar (Pokjar) yang sebelumnya telah berjalan.

“Kalau Pokjar dulu tidak wajib punya sekretariat, tenaga IT, tenaga administrasi, pelayanannya dimana saja. Tapi kalau Salut tidak boleh, harus sudah stay, alamatnya jelas dan fasilitasnya ada,” katanya di Kantor UT Surabaya, Jumat (25/10/2024).

Pembentukan Salut tersebut, kata dia, penting untuk mendekatkan layanan UT kepada masyarakat. Sehingga, yang sedang berada di daerah-daerah tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Surabaya untuk mendapatkan layanan perkuliahan.

“Kami posisi di Surabaya, kalau setiap hari ke sana kan tidak mungkin. Kecuali untuk tujuan-tujuan tertentu, seperti survei lokasi ujian, monitoring, itu baru kita ke daerah. Karena yang banyak bergerak di daerah kan teman-teman daerah. Karena itu kita buat ini ini,” bebernya.

Untuk memaksimalkan pelayanan, kata dia, Salut bukan hanya memiliki front office, tetapi juga memiliki ruang tamu, ruang pertemuan, hingga fasilitas berupa komputer dan perlengkapan lainnya. Kantor akan dibuka setiap hari Senin hingga Jumat.

“Jadi, tidak ada kata orang tidak dilayani karena gak ada orangnya, harus ada selalu yang stand by di situ,” ujarnya.

Selain itu, untuk memastikan Sumber Daya Manusia (SDM) memahami dan menjalankan pelayanan dengan baik, para pengurus Salut mendapat pembekalan melalui rapat koordinasi dan pelatihan di Kantor UT Surabaya pada 25 Oktober.

Mereka mengikuti berbagai materi yang disajikan, mulai dari registrasi hingga penyampaian informasi terkait kegiatan-kegiatan di UT.

“Karena sekarang kan sudah dibuka pendaftaran mahasiswa baru mulai tanggal 17 Oktober kemarin, karena itu tadi juga diberitahu,” jelasnya.

Dengan langkah tersebut, ia berharap Salut bisa menjadi corong bagi UT Surabaya untuk memberi pelayanan mahasiswa di berbagai daerah di Jawa Timur dalam mengakses pendidikan tinggi.

Seperti diketahui, Salut akan berdiri di lebih 18 Kabupaten Kota di Jatim. Mula dari Sumenep, Tuban, Bojonegoro, Ngawi, Ponorogo, hingga Magetan.(ris/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Sabtu, 26 Oktober 2024
27o
Kurs