Sabtu, 26 Oktober 2024

Tidak Hanya Menyerang Orang Tua, Osteoporosis Juga Bisa Dialami Anak Muda

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Ilustrasi osteoporosis. Foto: Shutterstock

Osteoporosis atau kerapuhan tulang selalu dikaitkan sebagai penyakit orang tua. Padahal, penyakit tulang itu juga bisa menyerang siapa saja. Terutama mereka yang memiliki gaya hidup tidak sehat.

dr. Reyner Valiant Tumbelaka Spesialis Orthopedi Mayapada Hospital mengatakan, osteoporosis yang biasa dialami anak muda hingga dewasa muda tergolong pada osteoporosis sekunder.

“Biasanya disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu seperti, kanker, tumor, atau pengobatan tertentu seperti golongan obat kostikosteroid, yang bisa menurunkan jenis kepadatan tulang,” ungkapnya, Jumat (25/10/2024).

Sedangkan osteoporosis yang dialami orang tua, lanjut Reyner, itu tergolong dalam osteoporosis primer. Yang mana terjadi karena proses natural.

Reyner melanjutkan, gaya hidup tidak sehat yang biasa dilakukan sejak muda juga menjadi salah satu penyebab munculnya osteoporosis. Seperi kebiasaan merokok hingga minuman beralkohol.

“Di dalam nikotin dan zat zat berbahaya dalam rokok, bisa menyebabkan gangguan vaskularisasi atau pembuluh darah pada tulang. Sehingga kepadatan tulang akan menurun karena tidak mendapatkan nutrisi yang cukup,” ungkapnya.

Meski begitu, Reyner mengatakan osteoporosis bisa dicegah. Khususnya untuk mereka yang belum berusia 30 tahun.

“Cara dengan menjaga asupan sehat, seimbang, serta menghindari gaya hidup tidak sehat, seperti rokok alkohol dan kafein. Jangan lupa juga untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur dan terukur,” tandasnya. (kir/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Sabtu, 26 Oktober 2024
27o
Kurs