Kamis, 24 Oktober 2024

Ratusan Peserta Surabaya Bergerak Jilid 2 Kompak Bersihkan Bantaran Ketabang Kali

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Petugas DLH membersihkan sampah di Sungai Kalimas sekitar Taman Ekspresi dalam acara Surabaya Bergerak Jilid 2 Surabaya, Kamis (24/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Lebih dari 150 peserta Surabaya Bergerak Jilid 2 kompak membersihkan bantaran sungai, mulai dari Ketabang Kali hingga Monumen Kapal Selam.

Berdasar pantauan suarasurabaya.net pada Kamis (24/, peserta Surabaya Bergerak Jilid 2 mulai berdatangan di lokasi sejak pukul 5.30 WIB.

Peserta memakai pakaian serba hitam, lengkap dengan peralatan kebersihan seperti, sapu lidi, pengki, hingga garpu pengeruk sampah.

Suasana Surabaya Bergerak Jilid 2 di zona 1b sekitar Ketabang Kali Surabaya, Kamis (24/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Arif Rusman Camat Mulyorejo sekaligus koordinator zona 1B mengatakan, ratusan peserta itu berasal dari staf di enam kelurahan daerah Mulyorejo, serta dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Surabaya.

“Area Zona 1B membentang sepanjang kurang lebih 300 meter. Peserta ini sudah dibagi per titiknya agar pembersihannya merata,” terang Arif, saat ditemui suarasurabaya.net, Kamis (24/10/2024).

Arif melanjutkan, fokus pembersihan yang dilakukan oleh anggotanya adalah sampah-sampah daun dan plastik di sekitar taman, serta sampah di saluran air.

“Karena Surabaya ini kan sudah memasuki musim penghujan, bencana hidrometeorologi,” ungkapnya.

DLH dan peserta Surabaya Bergerak Jilid 2 membersihkan saluran air di zona 1b sekitar Ketabang Kali Surabaya, Kamis (24/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Arif juga menjelaskan, sampah yang terkumpul oleh peserta Surabaya Bergerak Jilid 2 akan dipilah.

“Kalau ada sampah plastik akan dibuang. Tapi kalau sampah daun kering dan basah, nanti bisa dibuat kompos,” tandasnya. (kir/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Kamis, 24 Oktober 2024
34o
Kurs