Rabu, 23 Oktober 2024

Hari Ini, Kabinet Merah Putih Rapat Paripurna Perdana di Istana

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Para Wakil Menteri dan Wakil Kepala Badan/Lembaga Kabinet Merah Putih foto bersama di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/10/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Prabowo Subianto Presiden, sore hari ini, Rabu (23/10/2024), terjadwal memimpin Rapat Paripurna perdana Kabinet Merah Putih, di Istana Kepresidenan Jakarta.

Peserta rapat adalah para menteri, wakil menteri, kepala dan wakil kepala badan/lembaga yang hari Senin (21/10/2024), dan Selasa (22/10/2024), mengucapkan sumpah/janji jabatan.

Budiman Sudjatmiko Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan mengungkapkan, Rapat Kabinet hari ini mengusung tema Bersama Indonesia Maju, Menuju Indonesia Emas 2045.

“Saya akan hadir sore ini untuk mendengarkan arahan Presiden dalam Rapat Paripurna Kabinet Merah Putih,” ujarnya lewat pesan singkat.

Dia berharap, Rapat Paripurna Kabinet Merah Putih perdana nanti menjadi landasan bagi kebijakan-kebijakan besar yang akan mengantarkan Indonesia mewujudkan visi 2045 sebagai negara maju, seiring dengan kuatnya perekonomian dan pemerataan kesejahteraan.

Dalam rapat, para pejabat tinggi negara wajib hadir, termasuk Gibran Wakil Presiden, menteri-menteri, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, serta sejumlah pimpinan lembaga strategis seperti Kepala BIN, dan Kepala Staf Kepresidenan.

Seperti diketahui, Menteri Kabinet Merah Putih sebanyak 48 orang, dan ada lima kepala lembaga setingkat menteri.

Kemudian, ada sebanyak 55 wakil menteri yang akan mendukung tugas-tugas pemerintahan Prabowo-Gibran.

Selain itu, Prabowo juga melantik 27 orang profesional dari berbagai bidang keahlian sebagai Utusan Khusus dan Penasihat Khusus Presiden.

Sebelumnya, Sufmi Dasco Ahmad Ketua Harian DPP Partai Gerindra dan Wakil Ketua DPR RI mengatakan, jumlah kementerian yang lebih banyak dari pemerintahan sebelumnya itu bertujuan mengoptimalkan fungsi kementerian, supaya lebih bermanfaat buat rakyat. (rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 23 Oktober 2024
36o
Kurs