Rabu, 23 Oktober 2024

WNA Rusia Terjaring Patroli Siber Imigrasi Surabaya dan Segera Dideportasi

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Warga Negara Asing (WNA) asal Rusia saat menjalani sidang tindak pidana ringan di Pengadilan Negeri I Khusus Surabaya, pada Selasa (22/10/2024). Foto: Imigrasi Surabaya

DM seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Rusia menjalani sidang tindak pidana ringan di Pengadilan Negeri I Khusus Surabaya, pada Selasa (22/10/2024) setelah sebelumnya diamankan dalam Patroli Siber oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya pada 24 September yang lalu.

Ramdhani Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya mengatakan, DM diamankan karena tidak kooperatif saat diminta untuk menunjukkan dokumen perjalanan atau paspornya, oleh petugas imigrasi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Ia menjelaskan, berdasarkan aturan dalam Pasal 116 jo Pasal 71 huruf b Undang-Undang RI Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, setiap orang asing di Indonesia wajib memperlihatkan dokumen keimigrasian saat diminta dalam rangka pengawasan.

“Setelah dilakukan pemeriksaan secara mendalam, hakim memutuskan bahwa DM dikenakan denda sebesar Rp500 ribu atau hukuman kurungan selama tujuh hari. Tapi DM memilih untuk membayar denda tersebut sesuai dengan keputusan pengadilan,” ucapnya.

Setelah membayar denda, kata dia, langkah selanjutnya adalah pendeportasian DM ke negara asalnya, yakni ke Rusia.

“Nantinya, pihak Imigrasi Surabaya akan segera menindaklanjuti proses pendeportasian terhadap DM setelah seluruh prosedur administratif selesai. Langkah ini merupakan bentuk penegakan hukum dan komitmen imigrasi dalam menjaga ketertiban warga asing di Indonesia,” jelasnya.

Dengan adanya kasus tersebut, ia kembali menegaskan pentingnya kepatuhan WNA terhadap aturan keimigrasian di Indonesia.

Ia juga menegaskan bahwa setiap orang asing yang tidak mematuhi aturan, akan ditindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Operasi dan sidang ini menjadi peringatan bagi seluruh WNA di Indonesia agar mematuhi aturan keimigrasian yang berlaku,” tegasnya.

“Petugas imigrasi juga kami himbau untuk terus meningkatkan pengawasan guna mencegah pelanggaran serupa di masa depan,” pungkasnya.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 23 Oktober 2024
36o
Kurs