Rabu, 23 Oktober 2024

Cukupi Kebutuhan Kalsium dan Protein untuk Mencegah Osteoporosis

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Langkah untuk mencegah osteoporosis atau tulang rapuh, bisa dilakukan dengan cara mencukupi kebutuhan gizi dalam tubuh.

Rizki Nurmalya Kardina Dosen sekaligus Kepala Program Studi (Kaprodi) Gizi Universitas Nahdlatul Ulama (Unusa) menyebutkan, asupan gizi yang dibutuhkan untuk mencegah osteoporosis seperti, kalsium dan protein.

“Asupan yang perlu diperhatikan seperti, kalsium. Ini biasanya bisa ditemukan dalam produk susu, yoghurt, keju, sayuran hijau, hingga kacang-kacangan. Tapi ingat, dalam mengonsumsi susu, pastikan pilih yang lemaknya rendah,” terang Rizki saat ditemui di Unusa Kampus B, Selasa (22/10/2024).

Selain susu, mengonsumsi protein untuk mencegah osteoporosis juga penting. Kata Rizki, dalam satu hari, konsumsi protein kurang lebih sebanyak 50-100 gram.

“Asupan protein memiliki peran untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan risiko patah tulang,” jelasnya.

Protein dinilai penting dalam pencegahan osteoporosis karena juga terdapat kandungan vitamin D di dalamnya. Yang mana membantu proses penyerapan kalsium dan kandungan ini diperlukan untuk memperkuat pembentukan tulang.

Menurut Rizki, hal penting lainnya dalam pencegahan osteoporosis adalah berjemur di bawah sinar matahari, sekitar jam 9-10 pagi.

“Berjemur di bawah matahari berfungsi untuk mengaktifkan vitamin D yang ada dalam tubuh. Kalau tidak bisa satu jam, minimal 15 menit sehari, kita dianjurkan untuk berjemur,” ungkapnya.

Rizki menambahkan, meski vitamin D bisa didapat dari suplemen, tapi dia lebih menganjurkan dari konsumsi makanan saja.

“Selain vitamin D, dalam pencegahan osteoporosis dibutuhkan mineral magnesium, vitamin K, vitamin C, dan zinc yang bisa didapatkan dari konsumsi makanan yang kita makan,” tandasnya.(kir/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 23 Oktober 2024
27o
Kurs