Selasa, 22 Oktober 2024

Prabowo Presiden Saksikan Pengucapan Sumpah Jabatan Sunarto sebagai Ketua MA

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Sunarto ketika disumpah sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Yudisial di Istana Negara, Jakarta pada Senin (3/4/2023). Foto: BPMI Setpres

Hakim Sunarto, pagi hari ini, Selasa (22/10/2024), mengucapkan sumpah jabatan sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2024-2029, di hadapan Prabowo Subianto Presiden.

Upacara pengucapan sumpah jabatan itu bertempat di Istana Negara, Jakarta, dihadiri juga oleh Gibran Rakabuming Raka Wakil Presiden, Puan Maharani Ketua DPR RI, Ahmad Muzani Ketua MPR RI, dan Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI.

Prosesi upacara diawali dengan kumandang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Lalu, pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 136/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dengan Hormat Wakil Ketua MA Bidang Yudisial dan Pengangkatan Ketua Mahkamah Agung.

Kemudian, Sunarto bersumpah memenuhi kewajiban Ketua Mahkamah Agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, dan memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua Mahkamah Agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucapnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berkas berita acara yang dilakukan Hakim Sunarto dan Prabowo Presiden.

Sekadar informasi, Sunarto sebelumnya menjabat Wakil Ketua MA Bidang Yudisial.

Dia terpilih sebagai Ketua MA sesudah mendapat dukungan suara terbanyak dalam Sidang Paripurna Khusus Pemilihan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Kamis (16/10/2024), di Jakarta.

Dalam pemilihan itu, Sunarto mendapat 30 suara. Sedangkan tiga calon lainnya yaitu Hakim Haswandi cuma mendapat empat suara, Hakim Soesilo satu suara, dan Hakim Yulius tujuh suara.(rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 22 Oktober 2024
36o
Kurs