Selasa, 22 Oktober 2024

BMKG Peringatkan Potensi Hujan di Beberapa Kota Besar Indonesia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi hujan deras diprakirakan mengguyur berbagai kota pada hari ini. Foto: Getty Images

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca berawan dan hujan ringan hingga lebat yang disertai kilat di sejumlah kota besar di Indonesia, Selasa (22/10/2024).

Dilansir dari Antara, Nurul Tazaroh prakirawan BMKG menyebut, daerah konvergensi memanjang di beberapa wilayah, termasuk Laut Andaman, Laut Natuna Utara, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik Utara Papua Barat.

Selain itu, kondisi tersebut juga terlihat di Riau, Sumatera Selatan, Jambi, perairan utara Nusa Tenggara Timur, pesisir selatan Sulawesi Tenggara, serta sekitar Papua Tengah.

Kondisi ini berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah yang dilalui konvergensi atau konfluensi. BMKG memprakirakan beberapa kota besar, seperti Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, Bandung, Pontianak, Tanjung Selor, Nabire, Jayawijaya, dan Merauke, akan mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Sementara itu, kota-kota lainnya seperti Bengkulu, Semarang, Surabaya, Denpasar, Manado, Mamuju, Makassar, dan Jayapura diperkirakan akan mengalami hujan intensitas ringan hingga sedang.

Beberapa kota seperti Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Lampung, Yogyakarta, Jakarta, Serang, Mataram, Kupang, Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, Gorontalo, Palu, Kendari, Sorong, Manokwari, Ambon, dan Ternate diperkirakan hanya akan berawan.

Untuk prakiraan tinggi gelombang laut di Indonesia, BMKG memperkirakan berada di kisaran 0,5 hingga 2,5 meter.

BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan banjir rob di pesisir Sumatera Utara, pesisir utara Jakarta, dan pesisir utara Jawa Tengah. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 22 Oktober 2024
34o
Kurs