Selasa, 22 Oktober 2024

KNKT Investigasi Kecelakaan Pesawat SAM Air di Pohuwato Gorontalo

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sejumlah petugas memeriksa bangkai pesawat SAM Air yang jatuh di kawasan sekitar Bandara Panua di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, Senin (21/10/2024). Foto: Antara

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mulai melakukan investigasi awal untuk mengusut penyebab kecelakaan pesawat SAM Air yang jatuh di dekat Bandara Panua, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo.

“Jadi kita hari ini di lokasi, intinya kita mau cari apa sih bukti-bukti yang kita temukan,” ucap Nurcahyo Utomo Ketua Tim KNKT ,  Senin (21/10/2024) dikutip dari Antara.

Menurutnya, sejumlah bukti yang mulai dicari seperti patah atau penyok pada pesawat di bagian mana dan waktu bentur posisi seperti apa, disebabkan karena apa, dan apabila rusak ada di bagian mana.

“Kami masih mau coba cari bukti, melihat lokasi terus kemudian kita lihat buktinya apa, kemudian mungkin kita akan kaji apakah kemungkinan ada kerusakan atau ada hal hal yang lain,” kata Nurcahyo.

Mengenai bagian pesawat yang kemungkinan berada di dalam lumpur karena jatuh di tambak udang warga, KNKT masih memikirkan seperti apa metode yang digunakan untuk menarik keluar bagian itu.

Ia mengatakan jika pesawat SAM Air memiliki Cockpit Voice Recorder, yaitu perekam suara kokpit pesawat yang merupakan bagian dari kotak hitam pesawat.

“Itu nanti salah satu yang kita ambil, nanti kita download di fasilitas kita,” terangnya.(ant/kev/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 22 Oktober 2024
26o
Kurs