Selasa, 22 Oktober 2024

Surabaya Bergerak: Pemkot Luncurkan Aksi Bersih Sungai Melalui Kerja Bakti Massal

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Rakor Suara Surabaya Media bersama jajaran Forkopimda Surabaya dalam rangka membahas Surabaya Bergerak, Senin (21/10/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan meluncurkan program Surabaya Bergerak pada Kamis (24/10/2024) dengan kerja bakti massal normalisasi sungai kota di 12 zona.

Agus Hebi Djuniantoro Kepala Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya menyebut, peluncuran ini salah satu pertimbangannya untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi yang sebentar lagi tiba saat musim hujan.

“Jadi begini sesuai mitigasi bencana hidrometeorologi basah ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk antisipasi, antara lain banjir, puting beliung, rumah roboh, tapi saat ini sering banjir ini yang dilakukan normalisaai saluran,” katanya usai rapat koordinasi lanjutan Surabaya Bergerak, Senin (21/10/2024).

Untuk menandai program kolaborasi Pemkot Surabaya dengan Suara Surabaya Media itu, akan dimulai dengan normalisasi sungai primer mulai Monumen Kapal Selam hingga Petekan.

“Launching-nya fokus saluran primer kali Surabaya. Akan ada giat kerja bakti massal, diikuti staf Pemkot, TNI, Polri, komunitas dan pelajar,” katanya.

Usai peluncuran, setiap Minggu akan ada kerja bakti di setiap kampung untuk normalisasi saluran tersier atau perkampungan.

“Jadi nanti alirannya bisa ke saluran sekunder tanpa hambatan,” katanya lagi. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 22 Oktober 2024
26o
Kurs