Selasa, 22 Oktober 2024

Muhadjir Usulkan Percepatan Masa Awal Masuk Sekolah: Dari 7 Tahun Menjadi 6 Tahun

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Muhadjir Effendy Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) periode 2019-2024. Foto: Kemenko PMK

Muhadjir Effendy Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) periode 2019-2024 mengusulkan kepada Pratikno Menko PMK yang baru, untuk mengubah masa awal masuk sekolah.

Dilansir dari Antara pada Senin (21/10/2024), Muhadjir mengatakan masa awal masuk sekolah sudah harus diubah dari 7 tahun menjadi 6 tahun.

“Masa awal masuk sekolah yang awal 7 tahun sebaiknya dipercepat menjadi 6 tahun,” ujar Muhadjir dalam acara pisah sambut di Kantor Kemenko PMK.

Muhadjir menjelaskan alasan pemerintah saat itu mewajibkan usia sekolah saat memasuki 7 tahun karena keterbatasan institusi pendidikan Sekolah Dasar (SD).

Kini, institusi pendidikan di Indonesia sudah merata di seluruh Indonesia sehingga awal masuk sekolah bisa dipercepat menjadi 6 tahun.

Percepatan awal masuk sekolah ini, menurut Muhadjir, akan berdampak pada skor Programme for International Student Assessment (PISA).

PISA merupakan program asesmen berskala internasional yang menguji dan mengukur tingkat pengetahuan, keterampilan, kesejahteraan, dan kesetaraan pada siswa usia 15 tahun.

“Karena PISA yang ada di ukuran di umur 15 tahun. Kalau start-nya terlambat, maka kalah dengan yang duluan (masuk sekolah),” imbuhnya. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 22 Oktober 2024
26o
Kurs