Senin, 21 Oktober 2024

PCNU Surabaya Gelar Hajatan Nusantara untuk Peringati Hari Santri 2024, Puncaknya 22 Oktober

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Rangkaian kegiatan Hajatan Nusantara yang digelar PCNU Surabaya dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional. Foto: PCNU

Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional 2024, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya melaksanakan serangkaian kegiatan bertajuk “Hajatan Nusantara” mulai 13 sampai 22 Oktober besok.

Camelia Habibah, Juru Bicara PCNU Surabaya mengatakan serangkaian kegiatan itu seperti Napak Tilas dan Festival Sastra Religi, yang melibatkan banyak elemen masyarakat, serta terbuka untuk umum atau gratis.

“Kick-off acara sudah dimulai sejak 13 Oktober lalu dengan Napak Tilas, yang diikuti sekitar 500 santri dari berbagai pondok pesantren di Surabaya. Para peserta berziarah ke makam dan situs sejarah menggunakan sepeda kuno. Puncaknya peringatan akan digelar pada 22 Oktober di Tugu Pahlawan, yang merupakan lokasi ikonik terkait sejarah perjuangan di Surabaya,” ungkap Camelia kepada Radio Suara Surabaya, Senin (21/10/2024).

Beragam kegiatan juga dipastikan akan mewarnai puncak peringatan Hari Santri di Surabaya kali ini, termasuk bazar UMKM yang berlangsung selama tiga hari hingga puncak acara.

“Bazar ini menampilkan produk dari berbagai pelaku usaha, baik UMKM maupun lembaga lain seperti bank dan PDAM. Semua kegiatan ini dilakukan di Tugu Pahlawan agar masyarakat bisa lebih merasakan semangat kebangsaan,” jelasnya.

Selain itu, ada pula lomba-lomba seperti Nadhom Aqidatul Awam yang diselenggarakan oleh Fatayat NU, dan lomba vlog yang mengangkat tema situs sejarah di Surabaya.

“Kami juga mengadakan festival banjari dan lomba Ngalim (ngaji lima menit), yang bertujuan untuk menangkal radikalisme di kota ini,” tambah Camelia.

Selain itu, dalam puncak kegiatan nanti, akan diisi dengan istigasah dan drama kolosal bertajuk “Resolusi Jihad Bisa Billillah,” yang melibatkan 250 peserta. Drama tersebut mengggambarkan sejarah resolusi jihad dan perjuangan para santri.

“Sekaligus menjadi pengingat tentang pentingnya peran santri dalam sejarah bangsa,” kata Camelia.

Berikut rangkaian puncak Hajatan Nusantara di Monumen Tuguh Pahlawan Surabaya, pada 20-22 Oktober:

20 Oktober 2024

  • Sebul Masal & Halal Santri 08:00 WIB
  • Musabaqah Rotibul Haddad 09:00 WIB
  • Workshop Batik 09:00 WIB
  • Rijal Bareng Regulasi LPQH NU 09:00 WIB
  • Munasabat Maulidiyah Pesantren Surabaya 13:00 WIB
  • Talkshow LKKNU 13:00 WIB

21 Oktober 2024

  • Lomba Al Banjari 09:00 WIB
  • Semiloka Lomba Najam 09:00 WIB
  • Tasyakuran dan Istighosah 20:00 WIB

22 Oktober 2024

  • Penghargaan Acara Lomba Drama Kolosal Resolusi Jihad 08:00 WIB
  • Lomba Vlogger Situs Sejarah NU di Surabaya 09:00 WIB
  • Pameran UMKM Surabaya 09:00 WIB

Pasar Sambang Murah 20-22 Oktober 2024

Camelia mengatakan seluruh rangkaian acara ini didukung oleh Pemerintah Kota Surabaya, dan dia mengajak seluruh masyarakat untuk turut hadir.

“Kami mengajak semua warga Surabaya, bukan hanya kalangan Nahdliyin, untuk berpartisipasi. Selain hiburan, ada juga pengobatan gratis dan pasar sembako murah yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tutupnya. (bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 21 Oktober 2024
27o
Kurs