Senin, 21 Oktober 2024

Siap Dilantik, Para Calon Menteri Kabinet Merah Putih Mendatangi Istana Kepresidenan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Yusril Ihza Mahendra calon Menteri Koordinator Hukum dan HAM tiba di Istana Kemerdekaan, Jakarta, Senin (21/10/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Prabowo Subianto Presiden sudah menetapkan nama-nama menteri, wakil menteri serta kepala badan/lembaga setingkat menteri dalam pemerintahan periode 2024-2029 yang diberi nama Kabinet Merah Putih.

Nama-nama mereka yang masuk jajaran kabinet Prabowo-Gibran, diumumkan tadi malam, Minggu (20/10/2024), di Istana Merdeka, Jakarta.

Dilanjutkan pada hari ini, Prabowo terjadwal melantik para pembantunya, di Istana Negara, pukul 10.00 WIB. Sementara para wakil menteri kemungkinan dilantik sore sekitar pukul 15.00 WIB.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, para calon menteri yang kemarin diumumkan sudah mulai berdatangan pukul 08.30 WIB.

Mereka yang sudah datang bersama anggota keluarganya langsung menuju Istana Negara, bersiap mengucapkan sumpah/janji jabatan.

Di antaranya, Rosan Roeslani, Bahlil Lahadalia, Saifullah Yusuf, Maman Abdurrahman, Zulkifli Hasan, Agus Harimurti Yudhoyono, Fadli Zon, dan Budi Gunadi Sadikin.

Total ada 48 menteri plus lima kepala badan/lembaga setingkat menteri. Sementara, wakil menteri dan wakil kepala badan/lembaga sebanyak 56 orang.

Sejumlah politikus dan profesional yang sebelumnya jadi menteri di pemerintahan Joko Widodo ada yang kembali masuk daftar menteri di Kabinet Merah Putih.

Sebelumnya, Sufmi Dasco Ahmad Ketua Harian DPP Partai Gerindra menjelaskan tujuan dari bertambah banyaknya jumlah kementerian di pemerintahan Prabowo-Gibran.

Selain untuk mengakomodir partai politik koalisi, penambahan kementerian/lembaga juga untuk mengoptimalkan fungsinya supaya lebih bermanfaat buat rakyat. (rid/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 21 Oktober 2024
34o
Kurs