Senin, 21 Oktober 2024

Sesudah Pisah Sambut, Prabowo Mengantar Jokowi ke Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Upacara Pisah Sambut Jokowi dengan Prabowo Subianto berlangsung di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Minggu (20/10/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Upacara Pisah Sambut Joko Widodo, Presiden RI periode 2019-2024, dengan Prabowo Subianto yang sudah resmi menjadi Presiden RI periode 2024-2029, berlangsung khidmat pada siang hari ini, Minggu (20/10/2024).

Pisah sambut merupakan penanda transisi kepemimpinan nasional yang mulus, hasil Pemilihan Umum (Pemilu) yang diadakan setiap lima tahun sekali.

Pantauan suarasurabaya.net, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, upacara dimulai pukul 13.50 WIB.

Selain Prabowo dan Jokowi, hadir juga keluarga dan kerabat presiden, antara lain Iriana, Gibran Rakabuming Raka bersama Selvi Ananda istrinya, dan Hashim Djojohadikusumo, adik Prabowo.

Prosesi upacara dimulai dengan kumandang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya bersamaan dengan dentuman meriam kehormatan sebanyak 21 kali.

Lalu, Komandan Upacara melapor kepada Prabowo selaku Inspektur Upacara. Selanjutnya, Prabowo bersama Jokowi melakukan inspeksi pasukan yang berbaris di Lapangan Istana Merdeka.

Sebagai penutup, ada flypast pesawat jet tempur TNI AU di atas langit Istana Kepresidenan Jakarta.

Setelah sesi foto bersama, Jokowi bersama Iriana naik mobil Toyota Alphard menuju Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, untuk pulang ke Solo, Jawa Tengah.

Prabowo pun ikut mengantar Jokowi dengan mobil Maung Garuda berwarna putih, produksi PT Pindad.

Rencananya, nanti malam Prabowo akan menghadiri jamuan makan malam (gala dinner) di Istana Merdeka sebagai penghormatan kepada para tamu negara yang menghadiri acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. (rid/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 21 Oktober 2024
26o
Kurs