Minggu, 20 Oktober 2024

Luluk Cagub Jatim Singgung Pemimpin Bersih saat Ditanya soal Pendidikan Karakter

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim, pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 1 mengambil nomor pertanyaan di Acara Debat Calon Pilgub Graha Unesa Surabaya, Jumat (18/10/2024). Foto Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Luluk Nur Hamidah calon gubernur Jawa Timur (Jatim) nomor urut 1, menyinggung soal kepemimpinan bersih saat ditanya mengenai pendidikan karakter dalam debat perdana Pilkada Jatim, Jumat (18/10/2024).

Menurut Luluk, pendidikan berkarakter bisa dimulai dari berbagai aspek, seperti keluarga, komunitas, sekolah, hingga lingkungan kerja.

“Pendidikan berkarakter ini biasanya diambil dari siapa yang menjadi teladan kita. Kalau di rumah, ya orang tua. Kemudian secara lebih luas, ya dari pemimpin,” terangnya.

Luluk melanjutkan bahwa jika seorang pemimpin ingin mengajarkan kejujuran, maka dia harus menjadi pemimpin yang bersih dan bebas dari kemunafikan atau manipulasi.

Selain itu, kata Luluk, pendidikan berkarakter juga harus mencakup kecerdasan emosional dan spiritual.

“Karena dalam membangun karakter anak, selain mereka harus memiliki kecerdasan kognitif, mereka juga harus memiliki kecerdasan hati dan rasa. Hal-hal ini bisa didapat saat mereka mencintai alam, manusia, Tuhan, dan kejujuran. Itu jauh lebih penting,” ungkapnya.

Luluk menambahkan bahwa pendidikan karakter harus diterapkan sejak dini pada anak-anak agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang baik.

“Saat ini kita mengalami krisis etika, maka pendidikan karakter sejak awal harus kita terapkan kepada anak-anak,” tandasnya. (kir/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Minggu, 20 Oktober 2024
26o
Kurs