Sabtu, 19 Oktober 2024

Direktur Lalu Lintas Keimigrasian: Fasilitas Umrah dan Autogate di Juanda Siap Beroperasi Awal 2025

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Direktur Lalu Lintas Keimigrasian saat mengunjungi Terminal 2 Juanda untuk meninjau autogate dan melihat perkembangan pembangunan ruang tunggu khusus keberangkatan dan kedatangan jemaah umrah. Foto: Humas Kantor Imigrasi Surabaya

Felucia Sengky Ratna Direktur Lalu Lintas Keimigrasian menyatakan, fasilitas umrah dan autogate di Terminal Juanda akan siap beroperasi pada awal 2025 mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Felucia Sengky Ratna saat meninjau Terminal 2 Juanda. Pihaknya memeriksa area kedatangan imigrasi yang akan segera dilengkapi dengan 18 unit autogate.

“Pemasangan kami targetkan selesai dan akan uji coba pada Desember 2024 dan dapat digunakan secara resmi pada awal 2025 mendatang,” katanya dalam keterangan, Sabtu (19/10/2024).

Dalam peninjauannya, pihaknya juga melihat perkembangan pembangunan ruang tunggu khusus keberangkatan dan kedatangan jemaah umrah. Ia memastikan, pembangunan tersebut juta akan selesai awal tahun mendatang.

“Saat ini, progres pembangunan telah mencapai 40 persen dan ditargetkan selesai pada Januari 2025,” katanya.

Selama kunjungan tersebut, ia menekankan pentingnya kelancaran proses kerja di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI), terutama untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Selain itu, pihaknya juga memberikan sejumlah arahan, yakni meminta agar QR Code untuk layanan e-VOA (Visa on Arrival) diperbanyak demi memudahkan penumpang mengakses layanan tersebut.

“Jangan sampai penumpang kesulitan hanya karena keterbatasan akses informasi,” tuturnya.

Ia juga menginstruksikan agar segera dipasang tanda antrian di depan konter pemeriksaan dan menambah petugas di konter VOA apabila terjadi antrean panjang.

Dengan langkah-langkah tersebut, ia berharap, Bandara Juanda mampu memberikan layanan terbaik dan semakin siap menghadapi lonjakan penumpang di masa mendatang.

“Kenyamanan penumpang adalah prioritas. Setiap fasilitas dan layanan harus siap mendukung arus lalu lintas dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, Ramdhani Kepala Kantor Imigrasi Surabaya mengatakan, autogate merupakan langkah penting yang diambil oleh Kantor Imigrasi Surabaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat, dan sekaligus memberi nilai tambah bagi Tempat Pemeriksaan Imigrasi di Bandara Internasional Juanda.

“Autogate adalah bukti komitmen Imigrasi Surabaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa bandara,”ucapnya.

Seperti diketahui, rencana pemasangan autogate di Bandara Internasional Juanda telah dimulai sejak tahun 2023. Sepanjang tahun tersebut, berbagai tahapan perencanaan telah dilakukan.

Tahapan perencanaan itu, dilakukan untuk memastikan sistem autogate yang akan diterapkan di Bandara Internasional Juanda dapat beroperasi dengan optimal dan sesuai dengan standar internasional. (ris/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Sabtu, 19 Oktober 2024
26o
Kurs