Sabtu, 19 Oktober 2024

Akhir Pekan, Sebagian Besar Jatim Kecuali Kota Surabaya Berpotensi Turun Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Hujan lebat. Foto: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) hari ini, Minggu (19/10/2024), berpotensi turun hujan.

Dilansir laman resmi, BMKG Juanda memprakirakan hujan turun dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir di beberapa kabupaten/kota Jatim, pada pagi sampai malam hari.

Adapun kawasan yang berpotensi turun hujan pada pagi hari yakni di Jember, Jombang, Batu, Kota Malang, Kabupaten/Kota Mojokerto, Lumajang, Kabupaten Madiun, Nganjuk, Ngawi, Pamekasan, Sampang, dan Sidoarjo.

Sementara pada siang hingga sore hujan turun di Gresik, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Madiun, Magetan, Nganjuk, Ngawi, Tulungagung.

Berlanjut pada malam harinya, hujan berpotensi mengguyur Tuban, Pacitan, Kabupaten/Kota Madiun, Kediri dan Bojonegoro. Masih belum ada potensi turun hujan untuk Kota Surabaya pada hari ini.

Suhu udara Jatim hari ini berkisar 14 hingga 37 derajat celcius dengan kelembapan udara di angka 33-99 persen. Angin dominan berhembus dari timur ke timur laut dengan kecepatan lima sampai 25 km per jam.

Di sisi lain, BMKG Maritim Tanjung Perak juga memprakirakan adanya potensi turun hujan di wilayah perairan Jatim pada hari ini.

“Potensi hujan dapat terjadi di perairan Tuban-Lamongan, Selat Madura bagian Barat dan Perairan Selatan Jawa Timur,” tulis prakirawan BMKG Maritim.

Arah angin didominasi dari timur laut ke tenggara dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 16 knots (30 km per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 17 knots (31 km per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-0.8 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.4-0.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.3 meter. (bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Sabtu, 19 Oktober 2024
36o
Kurs