Sabtu, 19 Oktober 2024

Langkah Pemerataan Kesehatan Risma: Wujudkan RS dengan Fasilitas Memadai di Daerah

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Tri Rismaharini Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 3 saat menjawab pertanyaan di Acara Debat Calon Pilgub Graha Unesa Surabaya, Jumat (18/10/2024). Foto Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur nomor urut 3 menyatakan bahwa untuk mewujudkan pemerataan kesehatan di Jatim, perlu rumah sakit yang memadai di daerah-daerah.

Hal tersebut menurutnya penting, agar masyarakat Jatim di daerah-daerah, tidak harus jauh-jauh ke Surabaya untuk berobat, terutama penyakit yang serius.

“Bagaimana pemerataan ini, karena selama ini harus ke Surabaya, terlalu jauh untuk berobat ke Surabaya, untuk penyakit berat seperti jantung, otak, ginjal, stoke,” ucapnya.

Solusi untuk mewujudkan pemerataan kesehatan, kata dia, yakni dengan membuat rumah sakit di daerah-daerah yang sudah bisa menangani penyakit berat.

Karena itu kita akan menciptakan rumah sakit setara dengan RSUD,” tuturnya.

Untuk memuluskan langkah tersebut, ia juga mengungkapkan pentingnya memberi beasiswa kepada mahasiswa kedokteran, sehingga semakin maksimal.

Seperti diketahui, dalam Pilkada Jatim 2024 ini, ada tiga pasangan calon, yaini nomor urut 1 ada Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim, yang diusung oleh PKB.

Pasangan calon nomor urut 2, ada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak yang diusung oleh PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda dan Partai Prima (tak lolos verifikasi).

Dan pasangan calon nomor urut 3, ada Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans yang diusung PDIP dan Hanura.(ris/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Sabtu, 19 Oktober 2024
28o
Kurs