Sabtu, 19 Oktober 2024

Luluk-Lukman Paparkan Empat Program untuk Mengentaskan Jatim dari Penyakit Prioritas Nasional

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim, pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 1 mengambil nomor pertanyaan di Acara Debat Calon Pilgub Graha Unesa Surabaya, Jumat (18/10/2024). Foto Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Pasangan Luluk Nur Hamidah dan Lukman Khakim calon gubernur dan wakil gubernur Jatim nomor urut 1, memaparkan empat program unggulan untuk membantu mengentaskan provinsi Jawa Timur dari penyakit prioritas nasional yakni, kanker, jantung, stroke, dan Uro-Nefrologi (KJSU).

Luluk menyebutkan, empat program yang telah disiapkan untuk mengentaskan hal tersebut yakni, pencegahan, kemudahan akses, pelatihan, dan beasiswa.

“Pencegahan ini bagaimana kita bisa mengutamakan pola hidup sehat. Penekanannya ada pada masyarakat. Sehingga bisa jaga kesehatan dengan baik dan menjaga sejak dini. Sehingga tidak ada serangan penyakit berbahaya,” terang Luluk, dalam debat perdana Pilgub Jatim, Jumat (18/10/2024).

Kedua, lanjut Luluk, adalah terkait kemudahan melakukan skrining sejak awal.

“Seperti yang saya bilang, di puskesmas Jatim harus ada fasilitas yang bisa untuk mendeteksi dini. Oleh karena itu, Pemprov Jatim harus bertekad kuat dengan memasukkan program ini dalam kebijakan anggaran,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Luluk, adalah memberikan pelatihan ke tenaga medis. Sehingga, mereka bisa memberikan tindakan tepat dalam menyelesaikan KJSU, terutama di wilayah pedalaman.

“Yang terakhir adalah memberikan beasiswa afirmasi. Agar daerah terpencil lebih banyak bisa menghasilkan dokter spesialis, agar KJSU bisa diatasi. Problem kita juga karena tidak tersedianya dokter dan tenaga medis secara merata,” tandasnya.(kir/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Sabtu, 19 Oktober 2024
28o
Kurs