Sabtu, 19 Oktober 2024

Soal Langkah Membentuk Karakter Anak, Risma Tekankan Pentingnya Dilakukan Sejak Usia Dini

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Tri Rismaharini dan KH. Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans), pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 3 saat menyampaikan visi misinya di Acara Debat Calon Pilgub Graha Unesa Surabaya, Jumat (18/10/2024). Foto Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Tri Rismaharini-KH Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) menekankan pentingnya pendidikan berkarakter semenjak usia dini.

Hal itu ia katakan, dalam debat perdana Pilkada Jatim 2024 di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Lidah Wetan, pada Jumat (18/10/2024).

“Pendidikan berkarakter harus dimulai anak-anak, usia dini, dimana mereka pertama hormat kedua orang tua, kedua menghargai sesama teman, sejak usia dini,” katanya.

Meskipun, kata Risma, Provinsi hanya mengelola pendidikan tingkat SMA/SMK sederajat, tetapi langkah itu bisa diupayakan dengan melibatkan guru agama.

“Kalau itu terjadi, belajar tentang disiplin, masa depan, maka anak-anak kita diajarkan integritas, maka anak-anak kita diajarkan untuk itu, punya etos kerja tinggi,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Risma juga mengatakan bahwa orang tua turut berperan penting, yakni apa yang dilakukan oleh orang tua, akan diikuti oleh anak-anak, sehingga harus berperan positif juga untuk mewujudkan anak yang berkarakter.

“Karena apa yang kita lakukan, apa yang kita berikan, akan ditiru oleh mereka.

Dengan dimulai sejak usia dini, kata dia, pendidikan karakter anak akan terbentuk dengan baik. Dan ketika usia bertambah, anak juga akan menjadi berpendidikan dan berpikiran maju.

Seperti diketahui, dalam Pilkada Jatim 2024 ini, ada tiga pasangan calon, yaini nomor urut 1 ada Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim, yang diusung oleh PKB.

Pasangan calon nomor urut 2, ada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak yang diusung oleh PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda dan Partai Prima (tak lolos verifikasi).

Dan pasangan calon nomor urut 3, ada Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans yang diusung PDIP dan Hanura.(ris/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Sabtu, 19 Oktober 2024
28o
Kurs