Jumat, 18 Oktober 2024

DPRD Surabaya Dorong Percepatan Radial Road untuk Pecah Kemacetan Lontar

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Proses lokasi pembangunan proyek radial road di kawasan Lontar, Surabaya, Selasa (23/10/2023). Foto: Athalia magang suarasurabaya.net Proses lokasi pembangunan proyek radial road di kawasan Lontar, Surabaya, Selasa (23/10/2023). Foto: Athalia magang suarasurabaya.net

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya mendorong percepatan pembangunan Radial Road untuk memecah kemacetan di Jalan Raya Lontar.

Alif Iman Waluyo Sekretaris Komisi C bidang pembangunan DPRD Surabaya menyebut, akan memastikan semua proyek pembangunan di Surabaya selesai tepat waktu.

“Kami di Komisi C akan memastikan bahwa semua proyek pembangunan dipantau dengan baik dan diselesaikan tepat waktu, karena ini adalah tanggung jawab kami untuk memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi,” katanya, Jumat (18/10/2024).

Salah satu yang terparah, kemacetan Jalan Raya Lontar, Alif mendorong pengerjaan Radial Road bisa dipercepat dari jadwal seharusnya.

“Jalan Raya Lontar sudah sejak dulu padat setiap waktu. Saya berharap jalan alternatif lainnya bisa segera diselesaikan untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di sana,” kata dia.

Persoalan lama yang tak kunjung tuntas itu katanya tidak hanga memengaruhi mobilitas warga sekitar, tapi juga menghambar perekonomian.

“Saya berharap waktu pembangunan wilayah strategis dapat segera diselesaikan. Ini penting agar masyarakat dapat segera menikmati hasil pembangunan tersebut,” kata politisi Gerindra itu.

Selain Jalan Lontar, kemacetan di sejumlah titik lain juga jadi perhatian. Menurutnya masalah gangguan lalu lintas ini jadi salah satu yang sangat serius dan harus ditangani.

“Salah satu fokus utama saya adalah pengurangan kemacetan yang telah menjadi permasalahan kronis di beberapa titik kota,” ujarnya lagi.

Selain soal jalan, komisi C, lanjutnya juga akan mengawal penyelesaian proyek pembangunan infrastruktur vital.

“Setiap proyek yang telah direncanakan dapat diselesaikan tepat waktu, sehingga manfaatnya bisa segera dirasakan oleh masyarakat,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, satu jalur Radial Road yang menghubungkan Jalan Lontar menuju Jalan Yono Soewoyo, Surabaya kemungkinan bakal beroperasi mulai Desember 2024.

Adi Gunita Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya menyebut, serah terima dari pengembang akan dilakukan pertengahan November.

Ia menjelaskan satu jalur yang sudah jadi itu akan dipakai satu arah memecah kemacetan Jalan Raya Lontar.

“Mungkin jalur barat ke timur Radial Road, yang timur ke barat pakai Jalan Raya Lontar,” tuturnya. (lta/kir/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 18 Oktober 2024
29o
Kurs