Jumat, 18 Oktober 2024

KPU Jatim Umumkan 7 Nama Panelis Debat Perdana Cagub-Cawagub Jatim

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Nur Salam Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) mengumumkan tujuh nama panelis debat perdana calon gubernur dan wakil gubernur Jatim yang berlangsung di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Jumat (18/10/2024) besok malam.

Nur Salam Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim mengatakan para panelis diambil dari tiga unsur.

Yakni unsur akademisi, profesional, dan tokoh masyarakat. Tapi dalam debat publik perdana, KPU Jatim memutuskan memilih sebanyak tujuh panelis dari unsur akademisi.

“Hasil rapat pleno KPU Jatim akhirnya menetapkan panelis sejumlah tujuh, ke tujuh-tujuhnya dari unsur akademisi, kenapa, kaitannya secara keilmuan dan independensi,” ucapnya.

Tujuh panelis itu debat besok antara lain, Achmad Muhibin Zuhri sebagai Ahli Pendidikan Agama dari Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya; Muhammad Syarif selaku Ahli Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura.

Kemudian Adhitya Wardhono Ahli Ekonomi Pembangunan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember; lalu Sasongko Budisusetyo Ahli Akuntansi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya.

Selanjutnya ada Ahmad Imron Rozuli sebagai Ahli Sosiologi Ekonomi dan Kelembagaan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya; dr Hidayatullah sebagai Ahli Kesehatan dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo; terakhir Rina Wahyu Setyaningrum selaku Ahli Pendidikan Bahasa sebagai Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.

“Kita juga sudah minta tujuh panelis untuk menandatangani pakta integritas,” ujar dia.

Nur Salam mengatakan, KPU Jatim baru mengumumkan nama-nama penelis H-1 pelaksanaan debat. Hal itu dilakukan supaya para panelis tidak terganggu kerjanya.

“Ini dengan pertimbangan-pertimbangan oleh kita. Termasuk di antaranya lokasi panelis sekarang berada, kita rahasiakan. (Jika diumumkan jauh-jauh hari) khawatirnya akan memengaruhi kinerja panelis dan kami sudah komunikasikan dengan panelis, agar mereka bisa fokus bekerja,” ucapnya.

Meski begitu, Nur Salam menyebut ketiga tim paslon cagub-cawagub Jatim telah sudah mendapat informasi nama panelis H-3 pelaksanaan debat beserta temanya.

“Tim paslon sudah kami komunikasikan H-3 kemarin, kita sampaikan tema termasuk berikut panelisnya,” tuturnya. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 18 Oktober 2024
27o
Kurs