Kamis, 17 Oktober 2024

Tema Debat Perdana Pilgub Jatim Bahas Transformasi Sosial dan Produktifitas Sumber Daya Lokal

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Nur Salam Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim saat ditemui di Graha Unesa, Kamis (17/10/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) mengumumkan tema debat perdana calom gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub)Jatim yang akan digelar, Jumat (18/10/2024) besok.

Debat perdana cagub-cawagub Jatim besok membahas tentang Transformasi Sosial dan Peningkatan Produktifitas Sumber Daya Lokal Untuk Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur.

KPU Jatim memilih lokasi venue di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Jalan Citra Raya Lakarsantri, Lidah Wetan. Debat cagub-cawagub Jatim akan berlangsung pukul 19.30 WIB.

Nur Salam Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim mengatakan, pemilihan topik debat perdana ini berdasarkan tujuh tema besar yang dirumuskan KPU RI.

“Sesuai dengan PKPU 13 Tahun 2024, KPU RI sudah merusmuskan tujuh tema besar. Dari tujuh rumusan itu kemudian dari panelis dirumuskan menjadi tiga kali debat,” ujar Nur Salam ditemui di Graha Unesa, Kamis (17/10/2024).

Dari tema besar tersebut, panelis membaginya dengan tujuh sub tema. Antara lain daya saing dan nilai tambah ekonomi, pendidikan, kesehatan, demografi, kemiskinan dan kesenjangan, masyarakat digital, ketahanan sosial, penguatan budaya dan identitas lokal.

“Nah Itu yang kemudian menjadi dasar panelis menetapkan tema soal. Pertama sosial, ekonomi, budaya di dalamnya termasuk kesehatan,” imbuh Nur Salam.

Salam mengatakan, debat cagub-cawagub Jatim dibagi menjadi enam segmen. Meliputi pemaparan visi-misi di segmen pergama, pendalaman visi-misi segmen kedua dan ketiga.

“Kemudian ada saling tanya-tanya di segmen 4-5, segmen 6 nya closing statement oleh masing-masing paslon,” tandasnya.

Sebagai informasi, Pilkada Jatim 2024 diikuti oleh tiga pasangan calon. Antara lain Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim Cagub Cawagub Jatim nomor urut 1 yang diusung PKB.

Kemudian, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak Cagub-Cawagub Jatim nomor urut 2 diusung oleh koalisi besar 15 partai. Yakni PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda dan Partai Prima (tak lolos verifikasi).

Serta duet Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans Cagub-Cawagub Jatim nomor urut 3 diusung PDIP dan Hanura. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Kamis, 17 Oktober 2024
27o
Kurs