Kamis, 17 Oktober 2024

Pimpinan DPR Beri Apresiasi Kepada Budi Gunawan atas Dedikasi Selama Jadi Kepala BIN

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Puan Maharani Ketua DPR RI ini memberikan apresiasi kepada Budi Gunawan atas kinerjanya sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Puan mengatakan DPR berterima kasih atas dedikasi Budi Gunawan selama menjadi Kepala BIN.

“Pimpinan dan Anggota Dewan juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih kepada Saudara Jenderal Pol. (Purn.) Budi Gunawan, atas dedikasi dan kerjasamanya dalam membangun profesionalitas intelijen negara serta kontribusi yang luar biasa dalam menjaga stabilitas keamanan nasional,” ujar Puan dalam Rapat Paripurna di gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Sebelumnya, dalam Rapat Paripurna, DPR menyetujui Letjend TNI (Purn) Muhammad Herindra diangkat menjadi Kepala BIN menggantikan Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan.

Rapat Paripurna ini menindaklanjuti Surat Presiden Nomor R-51/Pres/10/2024 tanggal 10 Oktober 2024 perihal Permohonan Pertimbangan Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Dalam suratnya, Jokowi hanya mencantumkan satu nama untuk pengganti Budi Gunawan alias calon tunggal Kepala BIN yakni Herindra. Nantinya, Herindra akan dilantik oleh Prabowo Subianto setelah Prabowo resmi menjadi presiden. Prabowo akan dilantik sebagai Presiden pada 20 Oktober mendatang.

Usai Rapat Paripurna, Puan menjelaskan hasil keputusan DPR soal pertimbangan pergantian KaBIN akan disampaikan kepada pihak Pemerintah.

“Setelah disetujui oleh Rapat Paripurna proses mekanismenya adalah kemudian kami akan berkirim surat kepada presiden, terkait dengan persetujuan ini,” jelas Puan.

“Terkait pelantikan, tentu saja nanti kami serahkan kepada Pemerintah silahkan kapan akan dilantiknya,” imbuhnya.

Prabowo dikabarkan akan melantik jajaran kabinetnya pada Senin (21/10/2024) mendatang. Artinya, para menteri dan pimpinan lembaga di bawah pemerintahan Prabowo akan dilantik sehari setelah pelantikan presiden terpilih itu. (faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Kamis, 17 Oktober 2024
32o
Kurs