Rabu, 16 Oktober 2024

Risma Cagub Bantu Warga Situbondo Tingkatkan Usaha Pertanian dan Peternakan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tri Rismaharini Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur nomor urut 3 saat berada di Yayasan Nurul Aziz, Gunung Putri, Situbondo, pada Rabu (16/10/2024). Foto: Istimewa

Tri Rismaharini Calon Gubernur Jawa Timur (Cagub Jatim) nomor urut 3 kembali mendengar keluhan masyarakat Jatim. Kali ini keluhan itu dia dengarkan saat berkesempatan hadir di Yayasan Nurul Aziz, Gunung Putri, Situbondo, Rabu (16/10/2024).

Beberapa keluhan masyarakat Situbondo yang didapat oleh Risma, diantaranya yakni keterbatasan warga dalam beternak dan bertani, hingga kesulitan air bersih.

Mendengar masalah tersebut, Risma menawarkan solusi alternatif melalui program pemberdayaan masyarakat atau kewirausahaan sosial.

Program tersebut, kata dia, sudah pernah ia lakukan ketika dirinya menjabat Wali Kota Surabaya dan Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia.

“Ada banyak orang yang telah berhasil, contohnya ada orang dari Malang, pak Jazuli yang berhasil menjadi peternak kambing. Penghasilannya sudah jutaan rupiah sebulan. Bahkan, bukan hanya hasil ternak saja, beliau juga dapat pemasukan dari jualan kotoran kambing yang dijadikan pupuk setiap bulannya,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Risma juga meminta 10 orang pemuda untuk disiapkan mengikuti pelatihan peternakan dan pertanian modern.

Risma kemudian meminta Kiai Abdul Aziz pengasuh Yayasan Nurul Aziz untuk mendata para pemuda yang ingin mengikuti pelatihan, yang akan diadakan kurang lebih selama 14 hari.

“Misalkan nanti ingin berternak kambing, kita akan latih untuk memelihara kambing, atau mungkin ayam petelur. Yang jelas anak-anak muda ini jangan menunggu pekerjaan, harus berusaha, nanti kita akan latih,” ujar Risma.

Ia mengatakan bahwa pemuda yang nantinya menjadi penerus bangsa, tidak boleh menyerah dengan keadaan ekonomi saat ini, dan harus terus berusaha.

“Sekali lagi, jangan menunggu pekerjaan kantoran, kita bisa berusaha sendiri. Jadi petani, peternak itu jangan malu, wong itu halal kok,” pungkasnya. (ris/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 16 Oktober 2024
30o
Kurs