Rabu, 16 Oktober 2024

Sunarto Terpilih Menjadi Ketua Mahkamah Agung

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sunarto ketika disumpah sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Yudisial di Istana Negara, Jakarta pada Senin (3/4/2023). Foto: BPMI Setpres

Sunarto Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial terpilih menjadi Ketua MA menggantikan M. Syarifuddin dalam Sidang Paripurna Khusus Pemilihan Ketua MA yang berlangsung di Ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja, Gedung MA, Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Sunarto meraih kemenangan telak dengan total 30 suara. Mengungguli tiga hakim agung lainnya yang mencalonkan diri: Haswandi dengan empat suara, Soesilo dengan satu suara, dan Yulius dengan tujuh suara.

Haswandi adalah Hakim Agung Kamar Perdata, Soesilo merupakan Hakim Agung Kamar Pidana, sedangkan Yulius menjabat Ketua Kamar Tata Usaha Negara.

Dilansir dari Antara, dalam sidang tersebut hadir 45 dari 46 hakim agung, dengan total suara yang masuk mencapai 44. Dari jumlah itu, 42 suara dinyatakan sah, dua suara tidak sah, dan satu suara abstain.

Sesuai dengan ketentuan Pasal 9 ayat (1) Surat Keputusan Mahkamah Agung Nomor 212/KMA/SK.KP1.1/X/2024, suara yang diraih Sunarto lebih dari 50 persen dari total suara yang sah.

“Dengan demikian, Yang Mulia Sunarto ditetapkan sebagai ketua MA terpilih tahun 2024–2029,” terang Syarifuddin selaku pimpinan sidang.

Dalam pembukaan sidang, Syarifuddin menyampaikan bahwa pemilihan ini bukan sekadar tradisi di lingkungan MA, melainkan juga simbol demokrasi dalam pergantian kepemimpinan. Ia menekankan pentingnya tanggung jawab seluruh jajaran MA untuk menyukseskan proses demokrasi ini.

“Kita sebagai warga MA memiliki tanggung jawab untuk menyukseskan proses demokrasi ini agar mampu melahirkan seorang pemimpin bagi MA yang memiliki legitimasi saat mengemban tugas dan jabatannya,” tambah Sunarto.

Syarifuddin juga mengingatkan bahwa setiap jabatan bersifat sementara. Ia menegaskan bahwa jalinan persaudaraan di antara para hakim jauh lebih penting dan harus dijaga.

“Siapa pun yang terpilih nanti sebagai ketua MA adalah bagian dari keluarga kita sendiri, rekan sejawat kita sendiri yang harus kita dukung dan kita hormati bersama,” sebutnya. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 16 Oktober 2024
31o
Kurs