Rabu, 16 Oktober 2024

Debat Perdana Pilkada Surabaya Berlangsung Dua Jam dan Dihadiri 150 Undangan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Subairi Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Debat perdana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surabaya diadakan di Dyandra Convention Center pada Rabu (16/10/2024) malam. Acara ini berlangsung selama dua jam dan dihadiri oleh 150 undangan.

Subairi Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi menjelaskan, mayoritas waktu debat akan digunakan untuk pasangan calon (paslon) menjawab pertanyaan panelis. Tujuannya adalah untuk menajamkan visi dan misi mereka.

“Debat ini terdiri dari 120 menit, dengan 90 menit on air dan 30 menit off air untuk iklan layanan masyarakat. Selama sesi on air, panelis akan mengajukan lima pertanyaan yang akan dijawab oleh paslon,” ujar Subairi.

Debat dibagi menjadi enam segmen. Diawali dengan pemaparan visi-misi paslon, dilanjutkan dengan profil panelis, penajaman visi-misi, serta jawaban atas pertanyaan dari panelis. Di akhir, akan ada sesi tanya jawab dari masyarakat dan penutupan.

“Di segmen kedua, ada satu pertanyaan dari panelis, segmen ketiga dan keempat masing-masing dua pertanyaan, diikuti oleh pertanyaan dari masyarakat dan closing statement dari paslon,” tambahnya.

Semua pertanyaan akan sesuai dengan tema debat, yang berfokus pada peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat Kota Surabaya.

Jumlah audiens disesuaikan dengan kapasitas ruangan maksimal 150 orang, yang mencakup paslon dan media. Debat selanjutnya dijadwalkan antara 18-21 November 2024, dan masih dalam proses koordinasi.

“Belum bisa dipastikan apakah itu debat publik kedua atau yang terakhir, tetapi paslon telah mengusulkan durasi untuk debat berikutnya pada tanggal tersebut,” tutup Subairi. (lta/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 16 Oktober 2024
31o
Kurs