Rabu, 16 Oktober 2024

Kodiklatal Ajak Masyarakat Surabaya Meriahkan Parade Surya Senja 2024

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Laksamana Pertama TNI Taufik Arief Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) ketika mengudara di Radio Suara Surabaya, Selasa (15/10/2024). Foto: Tito suarasurabaya.net

Laksamana Pertama TNI Taufik Arief Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) mengunjungi Suara Surabaya Media pada Selasa (15/10/2024) siang.

Dalam kesempatan tersebut, Laksmana Taufik Arief mengungkapkan bahwa TNI AL akan menggelar Parade Surya Senja (PSS) tahun 2024 yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 Oktober 2024 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Ia menjelaskan bahwa Parade Surya Senja ini bertujuan untuk membangunkan semangat, menumbuh-kembangkan lagi tradisi Angkatan Laut yang sudah dilaksanakan terus di Parade Surya Senja ini. Ini adalah kegiatan pertama dalam sejarah Parade Surya Senja di Provinsi Jawa Timur yang diisi oleh militer. Biasanya oleh UPD-UPD dan kelompok masyarakat yang lainnya.

“Kami akan menampilkan berbagai kendaraan tempur dan alutsista, mulai dari howitzer, kendaraan amfibi, hingga ranpur yang bisa dinaiki masyarakat. Selain itu, masyarakat juga bisa berfoto bersama prajurit yang mendampingi,” ujar Laksamana Taufik.

Sebelum acara utama pada tanggal 17 Oktober, pada tanggal 16 Oktober akan dilakukan gladi bersih.

“Kami mohon maaf sekali lagi kepada masyarakat Surabaya akan ada penumpukan di sekitar Jalan Gubernur Suryo atau Grahadi, karena akan ada latihan untuk kirab-kirabnya,” ungkapnya.

Parade ini akan dimulai pukul 10.00, diawali dengan kirab yang akan melibatkan sejumlah alutsista serta marching band dari Genderang Suling Gita Jala Taruna dan SMA Hang Tuah Surabaya. Upacara resmi penurunan bendera akan diiringi dengan berbagai pertunjukan seperti bela diri militer dari prajurit TNI Angkatan Laut.

Acara kirab-kirabnya akan dimulai dari Rumah Jabatan (Rumjab) Pangkoarmada II di Jl Yos Sudarso, kemudian ke Jln. Walikota Mustajab, Jln. Simpang Dukuh dan terakhir di Grahadi Jalan Gubernur Suryo. Selain itu juga ada atraksi atau demo beladiri yang diperagakan oleh anggota TNI AL, atraksi drum band dan pameran alutsista di depan Grahadi.

Laksamana Taufik menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak generasi muda Surabaya dan sekitarnya agar lebih terlibat dalam kegiatan positif, meninggalkan aksi-aksi negatif seperti tawuran atau geng motor, dan menggantinya dengan semangat bela negara.

Untuk masyarakat yang ingin menghadiri acara ini, Taufik menjelaskan bahwa tidak ada sistem antrian khusus. Masyarakat dapat langsung datang, memilih alutsista yang ingin mereka naiki, dan berfoto tanpa harus khawatir tentang antrian panjang. Ia juga mengajak masyarakat untuk datang lebih awal agar dapat menikmati kirab dan pameran alutsista di depan Gedung Negara Grahadi.

Acara Parade Surya Senja ini juga merupakan bagian dari perayaan HUT TNI ke-79 yang telah diselenggarakan pada September lalu. Parade ini diharapkan dapat menjadi ajang kebersamaan antara masyarakat sipil dan militer, sekaligus memperkuat semangat kebangsaan di kalangan generasi muda.

Masyarakat Surabaya dan sekitarnya diundang untuk meramaikan acara ini dan merasakan semangat kebanggaan terhadap TNI serta kemajuan teknologi pertahanan negara. (nis/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 16 Oktober 2024
26o
Kurs