Selasa, 15 Oktober 2024

Prakiraan Cuaca Selasa: Hujan Ringan hingga Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi hujan deras diprakirakan mengguyur berbagai kota pada hari ini. Foto: Getty Images

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di Indonesia pada Selasa (15/10/2024) ini umumnya berawan hingga hujan.

BMKG masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap perubahan cuaca yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Nurul Izzah Fitria prakirawan BMKG menyebut cuaca bahwa wilayah Pulau Sumatera akan mengalami variasi cuaca. Banda Aceh diprakirakan mengalami udara kabur, sementara Padang berawan tebal.

Medan diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas sedang, dan ada kemungkinan hujan beserta kilat di Pekanbaru dan Tanjung Pinang.

Di Bengkulu, cuaca umumnya berawan tebal, sedangkan Jambi, Pangkal Pinang, Palembang, dan Bandar Lampung diprediksi akan mengalami hujan ringan.

Di Pulau Jawa, cuaca di Serang dan Yogyakarta akan berawan, sedangkan Bandung, Jakarta, Semarang, dan Surabaya diprakirakan berawan tebal.

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, cuaca di Denpasar, Mataram, dan Kupang juga diprakirakan berawan.

Sementara di Pulau Kalimantan, cuaca umumnya berpotensi hujan ringan di Pontianak, Tanjung Selor, Samarinda, dan Banjarmasin. Warga Palangka Raya diingatkan untuk waspada terhadap potensi hujan petir.

Di Pulau Sulawesi, potensi hujan ringan diprakirakan terjadi di Makassar, Palu, dan Kendari, dengan hujan sedang di Gorontalo. Di Mamuju, perlu diwaspadai potensi hujan lebat, serta hujan disertai kilat di Manado.

Di wilayah timur Indonesia, potensi hujan ringan diperkirakan terjadi di Manokwari, Jayapura, dan Merauke, sementara hujan dengan intensitas sedang diprediksi di Jayawijaya, Sorong, Ternate, dan Ambon. Nabire berpotensi mengalami hujan lebat. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 15 Oktober 2024
35o
Kurs