Senin, 14 Oktober 2024

Risma Cagub Dapat Dukungan dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia di Jatim

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Tri Rismaharini Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur nomor urut 3 saat blusukan ke Pasar Tradisional di Basah, Ngantru, Trenggalek setelah dikukuhkan sebagai Dewan Pembin Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Jatim. Foto: Istimewa

Tri Rismaharini Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur (Jatim) nomor urut 3 mendapat dukungan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Jawa Timur.

Selain mendapat dukungan, Risma juga dikukuhkan sebagai Dewan Pembina IKAPPI Jatim.

“Alhamdulillah, saya senang nanti sebagai dewan pembina bisa masuk-masuk,” katanya dalam keterangan yang diterima, Senin (14/10/2024).

Risma mengatakan, tantangan yang dihadapi pedagang pasar saat ini cukup berat, terutama di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Apalagi, banyak pedagang yang masih menggunakan konsep jual beli konvensional, sedangkan tren digital semakin mendominasi pasar.

“Memang sekarang sudah nggak bisa hanya jualan offline. Di Surabaya, bahkan ada dua mal yang tutup karena semua sudah beralih ke online. Offline masih bisa, tapi butuh waktu yang lama,” tuturnya.

Sebagai salah satu solusi, Risma menekankan pentingnya transformasi digital bagi pedagang pasar tradisional. Menurutnya, pedagang harus mampu beradaptasi dengan menggunakan media online sebagai sarana penjualan.

Seperti diketahui, selain Risma, IKAPPI juga sekaligus mengukuhkan Mochamad Nur Arifin atau yang akrab disapa Gus Ipin sebagai Duta Pasar Tradisional.

Risma dan Ipin sebelumnya, juga sempat melakukan blusukan ke pasar tradisional di Trenggalek untuk melihat langsung kondisi pedagang dan mendengarkan keluhan terkait penurunan omzet, terutama akibat meningkatnya persaingan dari platform belanja online.

“Mas Ipin sudah menyampaikan ide untuk menghubungkan pedagang dengan Gen Z yang menjadi afiliator atau melalui live TikTok. Ini adalah salah satu cara yang bisa membantu pemasaran mereka,” jelasnya

Pihaknya menyebut, blusukan tersebut bukan hanya menjadi kesempatan untuk mendengar keluhan pedagang, tetapi juga memperkuat komitmen untuk mencarikan solusi yang relevan dan sesuai dengan perkembangan zaman. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 14 Oktober 2024
30o
Kurs