Senin, 14 Oktober 2024

Menteri PPPA Ajak Masyarakat Lindungi Anak dari Kekerasan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi kampanye damai perlindungan terhadap anak dari tindak kekerasan, eksploitasi, diskriminasi, dan pelecehan seksual. Foto : Antara Ilustrasi kampanye damai perlindungan terhadap anak dari tindak kekerasan, eksploitasi, diskriminasi, dan pelecehan seksual. Foto: Antara

Bintang Puspayoga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) meminta orang tua dan masyarakat untuk lebih waspada dalam melindungi anak-anak dari ancaman kekerasan di sekitar mereka.

“Orang tua dan masyarakat harus lebih waspada terhadap potensi kekerasan di sekitar mereka dan tidak ragu untuk melaporkan setiap kasus kekerasan yang terjadi. Peran keluarga dan lingkungan sangat krusial dalam melindungi anak-anak dari kekerasan,” kata Bintang Puspayoga dilansir dari Antara, Senin (14/10/2024).

Pernyataan ini disampaikan setelah kunjungan Menteri Bintang ke Sulawesi Selatan, di mana ia menemui anak yang menjadi korban kekerasan, serta dua anak saksi dari kekerasan fisik.

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan anak-anak yang terlibat dalam kasus tersebut mendapatkan perlindungan dan penanganan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selama pertemuan, Menteri PPPA berdialog dengan anak-anak tersebut dan memberikan dukungan moral, serta menegaskan pentingnya pendampingan dan rehabilitasi psikologis.

Ia menjelaskan bahwa korban telah mendapatkan pendampingan dari Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (UPT PPA) Sulawesi Selatan, baik dalam aspek psikologis maupun hukum.

“Kami telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menangani pemulihan kondisi psikologis korban serta penegakan hukum yang diperlukan,” ujarnya.

“Korban kekerasan seksual, terutama anak-anak, memerlukan perlindungan yang komprehensif dan dukungan maksimal dari berbagai pihak. Hal ini penting agar mereka dapat pulih secara fisik, mental, dan emosional, serta dapat melanjutkan kehidupan dengan rasa aman dan tanpa trauma yang berkepanjangan,” imbuh Bintang Puspayoga. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 14 Oktober 2024
30o
Kurs