Selasa, 15 Oktober 2024

Said Sebut PDIP Bakal Memimpin Dua Komisi dan Dua Badan di DPR RI

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Said Abdullah Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Jakarta, Kamis (19/9/2024). Foto: Antara

Said Abdullah Ketua DPP PDIP mengungkapkan bahwa anggota Fraksi PDIP DPR RI akan memimpin dua komisi dan dua badan di DPR RI, yang telah disetujui dalam Rapat Pimpinan dan Rapat Konsultasi DPR RI.

Menurutnya, komisi yang akan dipimpin oleh Fraksi PDIP adalah Komisi I dan Komisi V, sementara badan yang akan dipimpin adalah Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN).

“Iya, (komisi) satu, lima, Banggar, BAKN, kami mendapat posisi sebagai ketua,” kata Said di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Senin (14/10/2024), dilansir dari Antara.

Said menambahkan, jumlah Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang diketuai oleh anggota Fraksi PDIP tetap sama dengan periode sebelumnya, yaitu empat AKD. Menurutnya, pembagian jatah pimpinan komisi juga melibatkan partai politik lainnya.

“Di DPR itu harus guyub. Tidak boleh menang-menangan, tidak boleh ego. Kan harus dihitung semua kepentingan seluruh partai politik di DPR,” jelasnya.

Said juga menyatakan bahwa sosok yang akan memimpin Komisi I DPR RI adalah Utut Adianto dan untuk Komisi V DPR RI adalah Lasarus. Namun, ia belum memberikan kepastian tentang pimpinan Banggar dan BAKN. Said sebelumnya menjabat sebagai Ketua Banggar DPR RI.

“Badan Anggaran ketuanya akan ditentukan oleh ibu ketua umum,” ujarnya.

Sebelumnya, Puan Maharani Ketua DPR RI menyatakan bahwa DPR RI telah menyepakati penambahan jumlah komisi menjadi 13 untuk masa jabatan 2024-2029.

Dia menyampaikan bahwa keputusan ini diambil dalam Rapat Pimpinan dan Rapat Konsultasi perdana setelah pelantikan. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 15 Oktober 2024
32o
Kurs