Senin, 14 Oktober 2024

Jokowi dan Prabowo Hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pelantikan Presiden

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden dan Prabowo Subianto Presiden Terpilih, pagi hari ini, Senin (14/10/2024), menghadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029, di Markas Komando Brimob, Depok, Jawa Barat. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Senin (14/10/2024), menghadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029, di Markas Komando Brimob, Depok, Jawa Barat.

Apel tersebut merupakan wujud kesiapan seluruh elemen pengamanan untuk menjamin keamanan momen pergantian kepemimpinan nasional, yang terjadwal berlangsung hari Minggu (20/10/2024).

Setibanya di lokasi, pukul 08.30 WIB, RI 1 disambut Prabowo Subianto Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih, bersama Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri, dan Jenderal TNI Agus Subianto Panglima TNI.

Kemudian, Jokowi dan Prabowo naik Kendaraan Taktis Maung menuju ke ruang transit Mako Brimob.

Lalu, Jokowi dan Prabowo diarak menuju mimbar kehormatan dengan iringan marching band Taruna Akademi Kepolisian (Akpol), dan berbagai satuan Korps Bhayangkara.

Setibanya di lapangan upacara, Presiden menerima laporan dari Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo selaku Perwira Apel, dilanjutkan dengan penghormatan kebesaran dari seluruh pasukan yang hadir.

Selanjutnya, Presiden melakukan salam kebangsaan dan melangkah menuju Mimbar Apel didampingi Kapolri.

Pada kesempatan itu, Kapolri memberikan medali kehormatan Loka Praja Samrakshana dan gelar warga kehormatan Brimob.

Medali kehormatan tersebut diberikan berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor Kep/1723/X/2024 tentang Tanda Kehormatan Keamanan dan Keselamatan Publik.

Sementara gelar Warga Kehormatan Brimob merujuk Keputusan Dankorbrimob Nomor Kep/114/IX/2019 mengenai tradisi Brimob.

Lebih lanjut, dalam Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Jokowi juga memberikan tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan kerja Polri.

Tujuh satuan kerja yang menerima tanda kehormatan Nugraha Sakanti yaitu Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korbrimob Polri, Divisi Hubungan Internasional Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Antiteror Polri, dan Pusdokkes Polri.

Nugraha Sakanti merupakan tanda kehormatan untuk kesatuan Polri yang dinilai sudah berjasa di bidang kepolisian serta bermanfaat bagi bangsa dan negara.(rid/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 14 Oktober 2024
33o
Kurs