Senin, 14 Oktober 2024

Awal Pekan, Rupiah Berpotensi Menguat Berkat Proyeksi Ekonomi Indonesia yang Stabil

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi - Petugas menghitung uang dolar AS dan uang rupiah di salah satu kantor cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, KCU Melawai, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Foto : Antara Ilustrasi - Petugas menghitung uang dolar AS dan uang rupiah. Foto: Antara

Nilai tukar (kurs) rupiah pada perdagangan, Senin (14/10/2024), berpeluang naik ke level Rp15.500 per dolar AS didukung oleh proyeksi perekonomian Republik Indonesia (RI) yang solid.

“Dari segi internal sendiri kita melihat bahwa baik Bank Dunia atau IMF maupun Bank Indonesia meramal bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2024-2025 kemungkinan besar di atas lima persen,” ucap Ibrahim Assuaibi pengamat pasar uang di Jakarta, Senin (14/10/2024), dilansir Antara.

Ibrahim menuturkan proyeksi tersebut berdasarkan atas kondisi ekonomi Indonesia di Asia Tenggara yang relatif stabil dengan data pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang cukup bagus.

“Walaupun terjadi deflasi lima bulan berturut-turut, namun ekonomi Indonesia kemungkinan besar ini masih akan stabil di 5-5,1 persen,” ujarnya.

Faktor tersebut membuat pelaku pasar atau para investor kembali masuk ke pasar dalam negeri sehingga membuat mata uang rupiah kembali mengalami penguatan.

Di sisi lain, bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed kemungkinan besar akan kembali memangkas suku bunga acuannya, Fed Funds Rate (FFR), pada November 2024, dengan potensi penurunan besaran suku bunga sebesar 25 atau 50 basis poin.

Pada awal perdagangan Senin, rupiah dibuka melemah 32 poin atau 0,21 persen menjadi Rp15.610 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.578 per dolar AS. (ant/nis/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 14 Oktober 2024
36o
Kurs